Penutupan Pembangkit Listrik Gaza Bahayakan Pengantar Listrik Utama

Pembangkit Listrik Gaza

listrik gaza
Pembangkit Listrik di Jalur Gaza.
foto : Alray

Gaza, 25 Rajab 1438/ 22 April 2017 (MINA) – Badan Koordinasi Bantuan Kemanusiaan (OCHA) Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan, penutupan mengakibatkan kurangnya bahan bakar dan membahayakan pengantar listrik utama.

Penutupan pembangkit listrik telah terjadi dalam konteks perselisihan yang sedang berlangsung antara pemerintah Palestina di Gaza dan Ramallah mengenai isu-isu yang berkaitan dengan pembebasan pajak untuk bahan bakar dan pengumpulan pendapatan dari konsumen listrik.

Dilansir dari Kantor Berita WAFA yang dikutip MINA, Ahad (22/4), penduduk Gaza hanya mendapatkan listrik 12 jam per hari, dan itu beroperasi pada setengah kapasitasnya.

Pada Senin (17/4) listrik terhenti total akibat kurangnya cadangan bahan bakar dan tidak dapat mengisi karena kekurangan dana.

Pada Kamis (20/4) terjadi kerusakan teknis yang belum diperbaiki dan diperburuk lagi saat pasokan listrik dari menyumbang 15 persen pasokan ke Gaza.

Gaza saat ini hanya disediakan listrik yang dibeli dari Israel (sekitar 55 persen dari pasokan sebelumnya), yang mengakibatkan pemadaman listrik 20 jam per hari, naik dari 12 jam sebelumnya.

OCHA mengungkapkan keprihatinannya mengenai dampak kekurangan daya pada penyampaian layanan kesehatan, terutama jika generator yang digunakan sebagai pemasok cadangan daya berhenti beroperasi dalam seminggu karena kekurangan bahan bakar atau dana.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, jika dana untuk bahan bakar tidak diamankan segera, 14 rumah sakit di Gaza akan dipaksa tutup sebagian atau keseluruhan layanan esensial, membuat ribuan pasien berisiko.

Kementerian Kesehatan Palestina juga menambahkan, situasinya akan segera mengancam jiwa bagi 113 orang yang baru lahir di unit perawatan intensif neonatal, 100 pasien dalam perawatan intensif dan 658 pasien yang memerlukan hemodialisis dua mingguan, termasuk 23 anak-anak.

Sementara itu, dalam mengatasi situasi saat ini, rumah sakit telah mengadopsi serangkaian tindakan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar, seperti menghentikan sterilisasi dan layanan binatu selama jam pemadaman listrik dan mematikan beberapa bioskop operasi.

Kekurangan listrik juga berdampak pada penyampaian layanan air dan sanitasi, yang sangat bergantung pada generator cadangan. Frekuensi pasokan air ke rumah tangga telah berkurang, sementara mereka yang tinggal di bangunan tidak memiliki generator untuk memompa air ke lantai atas sebagian besar tidak terlayani.

Sampai hari ini, pabrik desalinasi dioperasikan oleh dinas air resmi, yang memproduksi sebagian besar air minum yang dikonsumsi di Gaza, mulai beroperasi pada sepertiga kapasitas mereka.

Selain itu, pengolahan air limbah sebagian besar dihentikan, mengakibatkan pelepasan sekitar 110 juta liter limbah mentah, yang sebelumnya dirawat sampai batas tertentu, ke laut. (T/R12/RS3)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.