Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Perhatian Terhadap Yatim Piatu di Lingkup Nasional dan Internasional

Redaksi Editor : Widi Kusnadi - Jumat, 19 Juli 2024 - 13:53 WIB

Jumat, 19 Juli 2024 - 13:53 WIB

112 Views

Oleh Moehammad Amar Ma’ruf, Diplomat Karir Kemlu RI

Menjadi Yatim bisa terjadi karena berbagai hal. Kondisi ini terjadi ketika orang tua lelaki seorang anak tersebut wafat sehingga si anak tidak ada lagi yang memberikan nafkah, baik berupa materi ataupun imateri. Dalam kondisi tersebut si anak atau pun ibu dari si anak kehilangan sosok yang menjadi tulang punggung di dalam menafkahi mereka.

Dalam situasi dunia yang semakin ditandai berbagai konflik alam dan juga non alam, hilangnya nyawa seseorang, dalam hal ini seorang yang berstatus orang tua, semakin beresiko sehingga kondisi ini dikhawatirkan akan menciptakan permasalahan sosial bagi si penyandang yatim dan piatu itu sendiri.

Dampak yang sangat ditakutkan adalah hilangnya sebuah generasi emas yang diharapkan untuk menjadi penerus  dari sebuah keluarga ataupun yang lebih besar lagi adalah dari  sebuah bangsa.

Baca Juga: Pilkada 2024 Ajang Merajut Persaudaraan

Dampak dan kondisi yang tidak normal tersebut memang tidak selalu sama bagi setiap anak. Terdapat mereka yang bisa hidup dengan segala keterbatasan dan tumbuh menjadi seorang yang kuat sementara banyak pula dari mereka yang harus hidup singkat dan penuh kesulitan di jalan jalan yang kemudian wafat dikarenakan kondisi kesehatan ataupun menjadi korban  kejahatan sosial yang terjadi di jalan ataupun di suatu lingkungan.

Kenyataan menunjukkan bahwa anak-anak yang menjadi yatim mereka harus putus sekolah, mencari nafkah dengan tenaganya sebagai pengamen ataupun pengemis. Sementara tidak sedikit pula mereka dalam kesehariannya tidak terkontrol  dan menjadi korban kenakalan remaja serta menjadi korban  jaringan kejahatan yang terjadi di lingkup nasional bahkan global/internasional.

Data anak yatim piatu di Indonesia di tahun 2022 sebagaimana dilansir oleh harian Kompas dari Kementerian Sosial adalah sementara itu ada sekitar 4 juta anak yatim di Indonesia, diantaranya merupakan korban dari pandemi Covid-19. Penduduk Indonesia saat ini sekitar  264 juta jiwa dan  84 juta jiwa, diantaranya anak-anak. Artinya tercatat 3,8 persen itu merupakan persentase jumlah anak yatim di Indonesia. 

Permasalahan anak yatim piatu ini juga menjadi perhatian dunia. Catatan  Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Anak-anak (Unicef) mencatat sedikitnya ada 153 juta anak yatim piatu  di seluruh dunia. Jumlah ini pun diperkirakan lebih besar mengingat penambahan itu bisa terjadi karena faktor-faktor sebagaimana di singgung di atas ( bencana alam dan non alam serta faktor kesehatan dan lainnya).

Baca Juga: Amalan-Amalan di Bulan Rabiul Awal

Data di atas selayaknya  menjadi perhatian dunia terhadap upaya untuk melindungi mereka dari tindak kekerasan, memberikan akses pendidikan, layanan kesehatan, serta tempat tinggal yang layak untuk mendukung pertumbuhan anak. Oleh karena itu, tindakan atau peristiwa apapun yang mengakibatkan terjadinya anak menjadi yatim/piatu patut menjadi perhatian masyarakat dunia.

Di Indonesia, pemerintah pun secara khusus menangani permasalahan anak yatim/piatu dengan berbagai bantuan dan kegiatan  sosial. Tidak hanya pemerintah berbagai elemen masyarakat pun didorong untuk terus berpartisipasi di dalam melindungi anak yatim piatu tersebut. Sementara itu dilakukan upaya pembinaan dan pengawasan pun dilakukan di dalam mengatasi atau menghadapi dinamika pengelolaan anak yatim piatu dengan segala tantangan dan keterbatasannya.

Dinamika pengelolaan para anak-anak di dunia itu pun diketemukan bahkan seolah-olah bertambah besar potensi resikonya. 

Dunia hingga kini masih menyaksikan dampak ketika ada penyebaran Virus COVID 19 dan kini disusul dengan  peristiwa tragis berupa peperangan di belahan dunia yang benar-benar telah menimbulkan korban jiwa dan kerugian harta benda.

Baca Juga: Kisah Perjuangan Relawan Muhammad Abu Murad di Jenin di Tengah Kepungan Pasukan Israel

Di negara-negara yang mengalami konflik politik dan keamanan dalam negeri seakan-akan ancaman tersebut datang berbarengan, potensi seorang menjadi yatim/piatu bertambah.

Peristiwa di atas diperparah dengan tindakan unilateral negara-negara yang menghentikan bantuan keuangan kepada lembaga-lembaga internasional yang pada dasarnya dibentuk secara sah untuk menanggulangi dampak yang diakibatkan permasalahan politik keamanan di luar isu kemanusiaan tersebut.

Dalam situasi yang saling kontradiktif akibat ulah manusia itu sendiri ajaran agama ataupun deklarasi/resolusi guna melindungi perdamaian dan peradaban menjadi satu landasan bagi upaya kemanusiaan dan teknis yang berdampak pada isu-isu lainnya  mengingatkan kita agar dapat menjaga keberlangsungan hidup manusia dan lingkungannya  di dunia. Manusia sebagai makhluk hidup yang diberikan tugas untuk memelihara dan mengelola dunia dituntut untuk berbuat sekuat tenaga dengan daya baik itu materi maupun imateri untuk menjadikan manusia itu tumbuh bermanfaat, tidak hanya untuk dirinya pribadi tetapi juga untuk sesama  dan lingkungan hidupnya.

Semoga di usia dunia yang semakin ditandai dengan kemunduran kwalitas lingkungan hidup, perhatian kita terhadap sesama, khususnya para yatim piatu dan manusia pada umumnya, dapat kembali disegarkan dengan  mengingat dan melaksanakan ajaran agama dan deklarasi/resolusi kemanusiaan untuk saling bekerja sama meningkatkan derajat  hidup dan kehidupan manusia serta lingkungannya. []

Baca Juga: Doa Hari Jumat yang Diamalkan Rasulullah

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Kepemimpinan Umat Islam dan Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia

Rekomendasi untuk Anda

MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia