Perhimpunan Eropa untuk Indonesia Maju Gelar Kegiatan Sosial

(Foto: Istimewa)

Jakarta, MINA – Perhimpunan untuk Indonesia Maju (PETJ) bekerjasama dengan berbagai organisasi sosial kemasyarakatan melaksanakan rangkaian kegiatan dalam berbagai bidang mencakup lingkungan dan sosial.

Kegiatan tersebut dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) PETJ yang pertama, demikian Ari Manik Ketua Umum PITJ dalam keterangan pers yang diterima MINA, Senin (15/2).

Aktivitas di bidang lingkungan meliputi penanaman seribu pohon produktif di Banjarbaru, Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Banjarbaru sebagai pelaksana lapangan.

Sedangkan dalam bidang sosial, PETJ bekerjasama dengan Yayasan Bakti Nusantara Medika (Baktimed) menggalang dana bantuan untuk korban bencana gempa bumi di Majene, Sulawesi Barat.

Adapun dana yang terkumpul tersebut disalurkan melalui Yayasan Dokter Peduli (doctorSHARE) yang didirikan oleh dr. Lie Dharmawan.

Menurut Ari Manik, PETJ adalah perhimpunan masyarakat dan diaspora Indonesia yang tinggal di Eropa dan didirikan pada 2 Februari 2020 di Budapest Hongaria.

Dia menambahkan, PETJ lahir karena rasa cinta dan harapan yang besar terhadap kemajuan Indonesia, sehingga meskipun tinggal dan hidup di Eropa, Indonesia tetap menjadi episentrum pemikiran dan aktivitas PETJ.

Pada sepanjang 2020 hingga awal 2021, organisasinya telah berhasil membentuk kepengurusan di enam negara yaitu Austria, Belanda, Hongaria, Jerman, Portugal dan Swiss.

Dia menjelaskan, pada Mei 2020 PETJ juga berkontribusi membantu masyarakat di Indonesia yang terdampak pandemi Covid-19 seperti buruh berupah harian dan lansia melalui penggalangan dana dan penyaluran bahan pokok sebesar lebih dari €6.000 di Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul, DIY.

Ketua Panitia perayaan HUT Pertamna PETJ, Rizal Tirta, mengatakan,  kegiatan penanaman 1.000 pohon sebagai produk organisasitif sebagai  kepedulian terhadap keberlangsungan lingkungan hidup di Indonesia yang terdegradasi, terutama Kalimantan Selatan.

Dia juga berharap,aktivitas tersebut dapat berlanjut di berbagai lokasi lain di Indonesia.

Sedangkan kegiatan sosial yang dilakukan PETJ adalah respon perhimpunan terhadap bencana alam yaitu gempa bumi yang terjadi di Sulawesi Barat yang memakan korban jiwa dan mengakibatkan ribuan orang harus mengungsi.

Hingga saat ini, aktivitas penggalangan dana bencana telah berhasil mengumpulkan sumbangan sejumlah hampir lima puluh juta rupiah, dan akan diakhiri pada hari Jumat 19 Februari 2021.

“Dikarenakan situasi pandemi, perayaan HUT PETJ sendiri diselenggarakan secara online pada platform Zoom pada hari Ahad, 14 Februari 2021,” ujar Rizal.

Sejumlah duta besar Republik Indonesia untuk negara-negara di Uni Eropa hadir dalam acara tersebut. Di antaranya adalah Dubes RI untuk Republik Hongaria A.H Dimas Wahab dan Dubes RI untuk Kerajaan Swedia dan Republik Latvia Kamapradipta Isnomo serta Konjen RI di Frankfurt Acep Somantri.

Turut hadir anggota DPR RI dari Partai Golkar, yaitu Christina Aryani, yang pernah melakukan audiensi khusus dengan PETJ.

Beberapa tokoh nasional seperti Budiman Sujatmiko, Ganjar Pranowo, dan Jarot Saiful Hidayat memberikan ucapan khusus selamat ulang tahun untuk PETJ.

Secara keseluruhan, acara perayaan HUT PETJ secara virtual dihadiri oleh lebih dari 145 partisipan dari berbagai lokasi di Eropa, Indonesia, dan Amerika Serikat.

Acara berlangsung hingga lebih dari dua jam dan diakhiri dengan pesan-pesan kepada PETJ untuk terus hadir di tengah-tengah segala problematika bangsa dan menjadi bagian dari solusi demi tercapainya cita-cita berdirinya Republik Indonesia.(R/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA) 

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.