Peringatan HANI 2021, Wapres Resmikan Program Desa Bersih Narkoba

Jakarta, MINA – Wakil Presiden  Ma’ruf Amin  meresmikan program Desa Bersinar (Desa Bersih Narkoba) yang dicanangkan oleh Badan Nasional (BNN) dalami acara Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional () 2021 secara virtual, Senin (28/6).

Dalam kesempatan itu, Wapres mengatakan,  masyarakat desa memiliki potensi dan kekuatan besar dalam melawan narkoba secara bersama-sama.

“Kita perlu membangun dan melakukan investasi SDM (Sumber Daya Manusia) unggul dengan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam RAN P4GN. Tujuannya agar masyarakat terhindar dari penyalahgunaan narkotika, sehingga terwujud masyarakat Indonesia yang sehat, cerdas, produktif, berdaya saing, berwawasan kebangsaan dan berakhlak mulia ,” ujarnya seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet RI.

Menurutnya, saat ini seluruh negara dan masyarakat internasional menghadapi dua tantangan besar, yaitu bencana kesehatan pandemi COVID-19 dan bahaya narkotika.

Data United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) pada 24 Juni 2021 menyebutkan, sekitar 275 juta orang di seluruh dunia menggunakan narkoba pada 2020, dan tren global ini diperkirakan akan meningkat sebesar 11 persen sampai 2030.

Oleh karena itu, untuk memerangi penyalahgunaan narkotika, diperlukan sinergi pemberantasan yang strategis di semua level, baik nasional, regional maupun internasional.

“Perang melawan narkoba memerlukan sinergitas dan kerja sama di tingkat nasional, regional maupun internasional terutama dalam kegiatan penyelidikan, tukar menukar informasi, dan operasi bersama,” tegas Wapres Amin. (R/R5/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.