Peringati Hari Batik, Warga Rusia Berpakaian Batik

(Foto: KBRI Moskow)

Moskow, MINA – Hari Batik Nasional tidak hanya diperingati di Indonesia, tetapi juga di Rusia. Uniknya, warga Rusia juga turut mengenakan pakaian batik di Hari Batik Nasional pada Jumat (2/10).

“Mereka adalah generasi muda Rusia sahabat Indonesia atau Indonesianis yang mengagumi budaya Indonesia,” kata Enjay Diana, Sekretaris Pertama Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya KBRI Moskow, sebagaimana keterangan tertulisnya yang diterima MINA.

Pada Hari Batik Nasional, para Indonesianis ini membuat acara sendiri, yaitu jalan-jalan di Moskow dengan berpakaian batik. Mereka antara lain mengunjungi taman VDNH atau All-Russian Exhibition Center.

Maria Yarovitskaya, anggota sanggar seni Kirana Nusantara Dance KBRI Moskow asuhan Elisabeth Nurnilasari yang merupakan staf KBRI Moskow, mengatakan bahwa dia bersama teman-temannya berkumpul untuk membuat sebuah video dan berfoto khusus dalam rangka Hari Batik yang diperingati pada 2 Oktober.

“Kami sepakat pergi ke VDNH untuk pengambilan video dan berfoto di beberapa lokasi di sana. Karena hari sudah sore dan sudah mulai gelap, kami mencari tempat-tempat yang terang, seperti di pintu gerbang utama, paviliun pusat, dan air mancur Persahabatan Rakyat,” kata Maria Yarovitskaya.

Maria Yarovitskaya ditemani oleh Ekaterina Kamilova, alumni program Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) Kementerian Luar Negeri RI dan anggota sanggar seni Gamelan Dadali KBRI Moskow asuhan Tri Koyo yang merupakan staf KBRI Moskow, Aleksandr Berezkin dan Daniil Gribanov yang juga anggota Gamelan Dadali.

Selain itu, ada juga Olga Rebrova, anggota Kirana Nusantara Dance dan peserta kursus Bahasa Indonesia di KBRI Moskow, serta Anna Lashina. Semuanya berpakaian batik dengan berbagai corak.

Sementara itu, staf KBRI Moskow, baik warga negara Indonesia maupun warga Rusia mengenakan batik dalam rangka peringatan Hari Batik Nasional ini.

Kuasa Usaha Ad Interim yang juga Wakil Duta Besar RI untuk Rusia merangkap Belarus, Azis Nurwahyudi, mengatakan batik semakin di kenal di Rusia.

KBRI Moskow senantiasa mempromosikan batik di berbagai kesempatan, antara lain festival-festival.

Menurut Azis Nurwahyudi, para staf KBRI Moskow sering mengenakan pakaian batik dalam bekerja atau menghadiri suatu acara atau pertemuan. Terdapat juga warga Rusia yang mengenakan batik saat menghadiri acara atau pertemuan yang diselenggarakan KBRI Moskow.

“Dari Rusia kami mengucapkan Selamat Hari Batik Nasional tahun 2020,” pungkas Azis Nurwahyudi.

Tanggal 2 Oktober 2020 dipilih sebagai Hari Batik Nasional lantaran di tanggal tersebut Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO) secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

Sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia, kain dengan motif khas ini harus terus dilestarikan. Salah satunya dengan mengenakan batik pada saat keseharian. Batik pun memiliki ciri dan corak yang berbeda di setiap daerah di Indonesia.(R/R1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)