Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, UE Canangkan Gerakan #GenerationRestoration

Jakarta, MINA – Merayakan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni, Delegasi untuk Indonesia pada Jumat (4/6) melalui Talk Show “EU Environment Day 2021” mencanangkan gerakan #GenerationRestoration.

“Sebagai bagian dari EU Environment Day 2021, Uni Eropa ingin menginspirasi generasi muda untuk melakukan perubahan dan aksi nyata melalui Social Media Challenge #GenerationRestoration. Ekosistem yang sehat dapat mencegah kehancuran keanekaragaman hayati. Lingkungan yang terpelihara akan tetap menjadi sumber pangan dan mata pencaharian jika kita menjaga hubungan yang harmonis dengan alam,” ujar Henriette Faergemann Konselor Pertama urusan Lingkungan, Aksi Iklim, Digital dari Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia.

“Hari Lingkungan Hidup Sedunia menjadi pengingat kita untuk selalu menjaga kelestarian bumi. Uni Eropa turut ambil bagian dengan melibatkan masyarakat umum khususnya anak muda, dalam gerakan global #GenerationRestoration. Restorasi ekosistem dapat dimulai di mana saja. Kita perlu melibatkan banyak pihak untuk mengambil tindakan dan membuat pilihan cerdas sehingga mampu meningkatkan peran kita dalam memulihkan ekosistem,” kata Faergemann.

Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM), Hartono Prawiraatmadja dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasinya atas Gerakan #GenerationRestoration untuk menggugah keterlibatan kaum muda dalam menjaga kelestarian alam.

“Salah satunya adalah melalui program restorasi dan ekosistem gambut serta rehabilitasi mangrove yang rusak,“ ungkapnya.

Dalam sesi Talk Show, para pegiat lingkungan, para ahli, dan figur publik juga berbagi pengalaman mengenai inovasi cerdas yang telah mereka terapkan, di antaranya ada Ketua Umum Bike to Work Poetoet Soedarjanto; Ajeng Kartika Sari mewakili EMPU Sustainable Fashion sekaligus pendiri Lestari & Iconic Kid; Musisi dan peneliti Rara Sekar, dari sektor hutan dan pesisir Hari Kushardanto; Direktur Program RARE Indonesia, Christian, Manajer Program Hutan Itu Indonesia, serta dari sektor maritim, Nadine Chandrawinata, pendiri Seasoldier. (L/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.