Peringati Hari Pahlawan, Anies Ajak Prioritaskan Kepentingan Umum

Jakarta, MINA – Dalam upacara peringatan yang dihadiri oleh jajaran Jakarta di Halaman Balai Kota Jakarta, pada Rabu (10/11), Gubernur DKI Jakarta mengatakan perlunya mengambil hikmah dan memprioritaskan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi.

Hal ini karena selama hampir dua tahun Pemprov DKI Jakarta turut memperjuangkan pengendalian COVID-19, yang memiliki dampak di berbagai aspek kehidupan.

“Kita merasakan sebuah krisis kesehatan yang berdampak pada ekonomi,  sosial-budaya, dan berbagai macam. Pada masa inilah kita menyaksikan begitu banyak pahlawan dan pribadi yang memilih untuk menyelamatkan sesama, dari mulai penanganan medis sampai yang mengurus pemakaman, memberikan pelayanan vaksinasi, hingga menyiapkan aplikasi untuk jutaan orang untuk bisa mendaftar divaksin,” ujar Anies.

Menurutnya, semua yang terlibat dalam penanganan COVID-19, khususnya di DKI Jakarta adalah para pahlawan saat ini. Hal ini karena siapapun yang mementingkan kepentingan orang banyak di atas kepentingan dirinya, maka akan menimbulkan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Kita bisa melihat contohnya, ketika pendaftaran vaksin terasa begitu mudah, di balik itu semua ada yang bekerja tak pernah terlihat, tapi manfaatnya dirasakan oleh orang banyak. Itu adalah pahlawan kita. Hari ini kita menyaksikan keluarga kita diantar ke rumah sakit, kemudian diantar ke rumah. Selama prosesnya belum tentu mereka saling lihat wajah, karena tertutup masker, APD, dan mereka jugalah para pahlawan kita,” tuturnya.

Lebih lanjut ia juga menerangkan Pemprov DKI akan membuat tradisi baru bahwa setiap 10 November akan memperingati Hari Pahlawan dengan berziarah ke makam MH Thamrin, di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat.

“Tadi pagi kami bersama Bamus Betawi melakukan ziarah ke makam MH Thamrin. Kita mengenal MH Tamrin menjadi nama sebuah jalan paling utama di pusat kota Jakarta. Insya Allah, ini akan jadi tradisi baru, bahwa setiap tanggal 10 November ada kegiatan ziarah di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, di sanalah Muhammad Husni Tamrin dimakamkan,” katanya. (R/R7/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.