Peringati Hari Pers Nasional, Pemprov DKI Gelar Webinar dan Konvensi Nasional Media Masa

Jakarta, MINA – Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta memfasilitasi pelaksanaan empat webinar dan Konvensi Nasional Media Massa, dengan tema ‘Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers Sebagai Akselerator Perubahan’.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania mengatakan, kegiatan HPN 2021 tersebut ditujukan sebagai ajang silahturahmi dan penyatuan pemikiran untuk kemajuan pers di Indonesia.

Atika menjelaskan, rangkaian kegiatan HPN 2021 telah dilaksanakan sejak 20 Januari 2021 secara virtual dengan pelaksanaan kegiatan webinar dan sosialisasi kegiatan.

Sementara, puncak kegiatan HPN 2021 ini dilaksanakan pada tanggal 6-9 Februari 2021 di Ancol, Jakarta Utara.

“Kegiatan HPN ini dilaksanakan secara virtual di masing-masing daerah, namun panitia HPN dan Pengurus PWI Pusat hadir langsung di Ancol pada pelaksanaan webinar sampai dengan acara puncak, dengan menjalankan protokol kesehatan dan tes Swab Antigen sebelum acara,” kata Atika.

Ia mengungkapkan, acara puncak pada 9 Februari akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo secara virtual.

Hadirnya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mengenai dunia komunikasi dan pers nasional masa kini.

Selain itu, penguatan sinergi kemitraan antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan institusi media massa, lembaga-lembaga kehumasan, pemerintah pusat, pemerintah daerah dan nonpemerintah, serta kelompok masyarakat lainnya juga sangat dibutuhkan.

“Khusus terkait dengan pandemi saat ini, kami berharap fungsi kontrol tersebut juga diberlakukan. Tentu, untuk pencegahan disinformasi dan hoaks atau berita palsu tentang COVID-19 dan juga mendorong masyarakat agar terus menaati anjuran-anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan,” kata Atika.

Hari Pers Nasional (HPN) diselenggarakan setiap tanggal 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia, didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985.(R/R7/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)