Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Peringati HUT RI Ke-79, KBRI Nairobi Gelar Upacara Bendera dan Sejumlah Perlombaan

Widi Kusnadi Editor : Rudi Hendrik - Ahad, 18 Agustus 2024 - 21:46 WIB

Ahad, 18 Agustus 2024 - 21:46 WIB

15 Views

Upacara bendera HUT RI ke-79 di KBRI Nairobi, Kenya (foto: KBRI)

Nairobi, MINA – Kedutaan Besar Republik Indonesia di Nairobi, Kenya pada Sabtu (17/8) menggelar upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79 dan sejumlah perlombaan yang diikuti oleh para warga negara Indonesia di sana.

Duta Besar RI di Nairobi, Dr. Mohamad Hery Saripudin bertindak sebagai Inspektur Upacara. Upacara berlangsung khidmat. Seluruh peserta upacara tampil elegan dalam balutan busana pakaian khas dari berbagai daerah di Indonesia.

Banyak pula WNI yang hadir mengenakan pakaian batik. Berbagai ragam dan warna kain Nusantara semakin menambah nuansa kebhinekaan dalam upacara bendera kali ini. “KBRI Nairobi mengimbau warga untuk menggunakan pakaian daerah atau batik pada upacara bendera sebagai kecintaan kita akan kekayaan dan keragaman yang ada di tanah air. Bhinneka Tunggal Ika Indonesia di Nairobi,” ungkap Dubes Hery.

“Kegiatan yang diikuti oleh para WNI dan warga diaspora Indonesia, serta perwakilan masyarakat Kenya di Nairobi berhasil mengobarkan semangat api kemerdekaan yang menggelora di kalangan warga negara Indonesia”, lanjutnya.

Baca Juga: Presiden Iran akan Hadiri KTT BRICS di Rusia

Kegiatan dilanjutkan santap siang dengan suguhan kuliner khas Indonesia, seperti nasi kuning, asinan, soto mie, kue lapis dan berbagai kudapan ringan khas yang menggugah selera. Ini saat yang kami tunggu-tunggu sebagai perantau di negeri seberang, untuk menghilangkan kerinduan pada tanah air”, ucap WNI Biarawati yang sudah puluhan tahun menetap di Kenya.

Salah satu kegiatan yang semakin mengeratkan persatuan dan kebersamaan dalam mengisi momen kemerdekaan adalah dengan pelaksanaan berbagai macam lomba yang sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia.

Lomba digawangi Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Nairobi, dilaksanakan dari siang hingga petang hari di halaman hijau teras belakang KBRI Nairobi, diikuti dengan penuh antusias, keceriaan, dan berlangsung meriah.

Sebelum lomba dimulai, Paskibra KBRI Nairobi membacakan Puisi yang mengangkat nilai-nilai perjuangan dan arti kemerdekaan.

Baca Juga: Yaman Bersiap Perang Jangka Panjang dengan Israel

Berbagai lomba yang dilaksanakan antara lain balap sarung jama’ah, balap balon, masukan bola pingpong ke dalam gelas, hoolahoop, makan kerupuk, dan perlombaan menarik lainnya.

Acara lomba ditutup dengan mini kuis ‘cerdas-cermat’, mengangkat tema seputar Kemerdekaan RI, untuk menyegarkan kembali ingatan kita pada perjuangan dan pengorbanan para pahlawan untuk membebaskan dan memerdekakan Indonesia dari cengkaraman tangan penjajah.

Berbagai kegiatan lainnya dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI di tahun 2024 juga telah dilaksanakan di Nairobi pada bulan Juli dan awal Agustus 2024, seperti pertandingan bulu tangkis, catur, gaple, diakhiri dengan penanaman pohon di hutan lestari ‘Karura’ di Nairobi.

Perayaan HUT Kemerdekaan RI terbukti mampu untuk semakin menumbuhkan semangat kebersamaan, gotong royong, serta meningkatkan solidaritas di antara WNI dan Diaspora Indonesia, khususnya bagi mereka yang saat ini berada jauh dari kampung halaman.

Baca Juga: Spanyol Gelar Pertemuan Bahas Solusi Dua Negara Israel-Palestina

Dalam kata penutupnya, Dubes Mohamad Hery Saripudin menyampaikan bahwa KBRI Nairobi selalu membuka pintu untuk para WNI dan warga diaspora Indonesia di Kenya, dan 3 negara rangkapan KBRI Nairobi lainnya, yaitu Uganda, DR Congo, Somalia, diharapkan ke depannya semakin rutin berkumpul bersama dalam kegiatan yang bermanfaat dalam membangun komunitas Indonesia yang lebih erat.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Junta Myanmar dan Pemberontak Bertempur, Warga Sipil Jadi Korban

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
MINA Preneur
Palestina
Internasional