Perkemahan Pramuka Santri Nusantara V Digelar 1 Oktober di Jambi

Jakarta, MINA – Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Ahmad Zayadi mengatakan, Perkemahan Nusantara () V tahun 2018 siap digelar.

PPSN V akan diadakan di Bumi Perkemahan Abdurrahman Sayuti-Musa, Muaro , Jambi, pada 1-7 Oktober 2018.

“Karena rangkaian dari Hari Santri 2018, maka tema PPSN V juga menjadi sub tema dari Hari Santri yang bertajuk ‘Bersama Santri Damailah Negeri’, sehingga tema Kemah Pramuka Santri berjudul ‘Pramuka Santri Menebar Kedamaian untuk Indonesia yang kuat dan Berkarakter’,” kata Zayadi dalam rapat koordinasi, Rabu (8/8) siang, di kantor Kemenag, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

Ahmad Zayadi mengatakan bahwa PPSN tahun ini menjadi bagian dari peringatan Hari Santri 2018 yang akan di-launching oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada Jumat, 10 Agustus mendatang.

Melalui momentum PPSN, Zayadi menyatakan ingin mengenalkan kepada masyarakat tentang ciri khas keunggulan pramuka pesantren beserta tradisinya, sehingga nanti dalam pelaksanaan perkemahan tercermin kegiatan yang khas ala pesantren.

“Rangkaian kegiatan PPSN 2018 memuat seremonial, mental spiritual, teknik kepramukaan, iptek, kesakaan, petualangan, wawasan, keterampilan, seni budaya, prestasi, bakti, kegiatan pinkondan dan bindamping,” paparnya.

Kanwil Kemenag Jambi dan Pemda Muaro Jambi selaku tuan rumah sudah menyatakan siap untuk melaksanakan PPSN yang diadakan wilayahnya.

“PPSN bukan semata-mata kegiatan Direktorat, tapi kegiatan Kementerian, karena itu kita harus bertanggungjawab secara penuh, yaitu dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan,” tegas Zayadi.

Kemenag sudah empat kali menggelar PPSN. Tahun ini adalah gelaran ke-5. “Dengan modal pengalaman itu, kita berharap penyelenggaraan ini semakin baik. Kita optimis karena pengalaman empat PPSN sebelumnya,” tambahnya. (T/R07/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.