Perkuat Ekosistem Kewirausahaan Syariah di Indonesia, KNEKS Kunjungi Belanda

Delft, MINA – Kementerian Koperasi UKM dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) bersama Manajemen Eksekutif (ME) Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan () berkunjung ke di Belanda bekerja sama memperkuat Ekosistem Kewirausahaan di selama pada Senin-Jumat (22-26/1).

“Kunjungan ini tindak lanjut dari penandatanganan kerja sama di tahun 2023 antara ME KNEKS dan PUM (Netherlands Experts) memberikan pelatihan bagi inkubator bisnis, start-up, dan menyusun usulan kebijakan untuk memperkuat Ekosistem Kewirausahaan Syariah di Indonesia,” demikian Putu Rahwidhiyasa, Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah Manajemen Eksekutif KNEKS dalam keterangan tertulis di Delft, Belanda, pada Senin (29/1).

Putu juga menjelaskan, beberapa kota yang dikunjungi Ekosistem Kewirausahaannya adalah; Den Haag, Wageningen, Delft, dan Utrecht. Selain itu, untuk memperkuat ekosistem Kewirausahaan di Indonesia, Kemenkop UKM melalui Deputi Kewirausahaan menandatangani kerjasama dengan PUM yang disaksikan langsung oleh Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM R.I.

Kerjasama ini akan memperkuat program yang sudah dimiliki oleh Kedeputian Kewirausahaan KemenkopUKM diantaranya i-startup, entrepreneur hub, yang tahun ini ditargetkan akan ada 8 inkubator bisnis yang menjadi Mitra Kemenkop UKM untuk mengembangkan startup khususnya di sektor agritech dan aquaculture.

Manajemen Eksekutif KNEKS yang diwakili Direktur Bisnis dan Kewirausahaan Syariah – Putu Putu Rahwidhiyasa juga menandatangani Kerja Sama dengan World Startup, Belanda yang disaksikan juga oleh Menkop UKM – Teten Masduki. Kerja sama antara lain di bidang pengembangan inkubator, startup dan ekosistem Kewirausahaan Syariah.

“Terkait dengan program Pengembangan Kewirausahaan Nasional, kami melaksanakan beberapa program pendukung lainnya, yaitu Entrepreneur Development (Konsultasi dan Pendampingan Bisnis), iStartup.id (Inkubasi dan Akselerasi Bisnis), EFF (Program Akses Finansial), E-Hub (Platform Ekosistem Wirausaha Terpadu), dan Transformasi Digital UMKM,” kata Teten.

Deputi Direktur Inkubasi ME KNEKS – Helma Agustiawan menambahkan, bahwa PUM memiliki sekitar 100 proyek di Indonesia dan sangat mungkin bertambah hingga 150 proyek, dengan dukungan 1.300 expert di berbagai sektor, termasuk 45 expert di sektor Inkubasi Bisnis. (R/R4/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.