Pertanian Ramah Lingkungan di Inggris Meningkat

(Foto: Farming Weekly)

London, MINA – Lebih banyak pertanian di yang memilih , dengan lahan yang melalui periode konversi pertanian konvesional menjadi meningkat selama dua tahun terakhir sebesar 34%.

Menurut Soil Association sebagaimana dilaporkan Halal Focus, Ahad (5/6), semakin banyak petani yang beralih ke organik karena pertanian ramah lingkungan semakin memenuhi permintaan konsumen dan menawarkan ketahanan berkelanjutan.

Data yang dirilis Defra mengungkapkan, lahan yang melalui masa konversi pertanian konvensional ke organik naik 34% pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya. Tanah organik Inggris juga naik 3,6% tahun lalu, menyusul kenaikan 0,8% pada 2020.

EcoFarming atau Pertanian Ramah Lingkungan (PRL) merupakan sistem pertanian yang mengelola seluruh sumberdaya pertanian dan input usahatani secara bijak, berbasis inovasi teknologi untuk mencapai peningkatan produktivitas berkelanjutan.

Secara ekonomi, PRL menguntungkan serta diterima secara sosial budaya dan berisiko rendah atau tidak merusak/mengurangi fungsi lingkungan.

Peningkatan pertanian organik ini diperkirakan akan berlanjut pada 2022 setelah pemerintah mengumumkan pada Februari tahun ini bahwa mereka akan membayar hingga dua kali lipat dari tarif sebelumnya kepada petani di Inggris yang beralih ke organik.

Tarif Penatagunaan Negara baru akan naik 50%, dengan mengubah padang rumput permanen dan buah teratas menjadi organik meningkat menjadi £150 per hektar.

Konversi ke lahan organik, hortikultura dan padang rumput yang tidak diperbaiki juga akan menerima sekitar 50% lebih banyak dari sebelumnya, dengan tarif baru mulai dari £76 hingga £602 per hektar.

CEO Organic Farmers and Growers Roger Kerr tidak terkejut dengan peningkatan konversi tersebut, menjelaskan, ada keinginan yang kuat dari petani untuk beralih ke praktik agroekologi yang lebih banyak dan peluang untuk organik dan premium yang diperoleh guna produk bersertifikat jelas menarik.

Meningkatnya Permintaan Konsumen

Manajer Pengembangan Bisnis untuk Soil Association, Sophie Kirk, mengatakan kepada Specialty Food, sangat menggembirakan melihat statistik terbaru menunjukkan kepercayaan pada pertanian organik sedang meningkat di Inggris.

Menurutnya sektor pertanian di Inggris telah menghadapi banyak guncangan selama beberapa tahun terakhir tetapi peluang untuk pertanian berkelanjutan tetap kuat dengan meningkatnya permintaan konsumen dan dukungan pemerintah untuk produk organik.

“Jelas baik pemerintah dan pembeli menyadari manfaat yang dapat diberikan produk organik untuk alam dan lingkungan, dan angka-angka terbaru ini menunjukkan bahwa, dengan insentif yang tepat, pertanian ramah lingkungan dan iklim dapat tumbuh dengan cepat,” ujarnya.

Minat konsumen terhadap produk organik telah tumbuh selama beberapa tahun terakhir, dengan pasar organik Inggris menembus angka £3 miliar untuk pertama kalinya pada 2021 – tumbuh sebesar 23% dari 2019 hingga 2021, dan secara signifikan mengungguli penjualan produk non-organik.

Maddie Grinham, manajer merek di Mr Organic, menjelaskan, untuk pengecer independen, meningkatkan pilihan Organik di dalam toko adalah cara utama guna menarik dan mempertahankan pembeli yang ingin membuat pilihan yang lebih sehat.

“Karena konsumen mencari visibilitas yang lebih besar tentang dari mana makanan mereka berasal dan berusaha untuk mendukung pengecer lokal yang independen melalui jaringan supermarket,” jelas Grinham.

Organik adalah cara bagi pengecer independen untuk menawarkan kualitas yang lebih tinggi, produk dengan rasa yang lebih baik dengan transparansi lebih dan menarik pembeli organik yang ada, rata-rata memiliki belanja keranjang yang lebih tinggi.

Pembeli merasa semakin bertanggung jawab untuk berbelanja secara berkelanjutan, dan beralih ke Organik adalah cara yang sangat sederhana untuk mengurangi dampak individu mereka.

Menyediakan stok produk organik pilihan cara bagi pengecer untuk memenuhi tujuan lingkungan mereka dan sinyal kredensial keberlanjutan mereka kepada konsumen.

“Karena supermarket lebih mementingkan perluasan rentang organik dan menumbuhkan lini organik mereka sendiri, kami dapat mengharapkan efek menetes ke bawah di ritel independen untuk fokus pada sumber, kualitas, dan keberlanjutan organik,” tambah Grinham.

James Woodward, petugas pertanian berkelanjutan di Sustain, menambahkan, meningkatnya orang yang membeli produk organik kemungkinan disebabkan oleh minat masyarakat di negara itu yang terus meningkat – dan perhatian – terhadap perubahan iklim dan bencana alam yang tengah dialami.

“Melalui sertifikasi, masyarakat dapat memiliki keyakinan bahwa petani organik bertujuan untuk bekerja dengan alam dan lingkungan,” pungkasnya.

Menyongsong Tantangan

Menurut James, ketika dukungan konsumen meningkat dan efek dari Brexit dirasakan di seluruh negeri, tekanan untuk memenuhi permintaan melalui produk-produk yang ditanam di Inggris terus meningkat. Ini berarti sistem pangan perlu beradaptasi dan berubah.

Dia menjelaskan, pertanian organik adalah salah satu cara penting untuk mencapai lingkungan pertanian yang lebih sehat dan peningkatan petani yang beralih ke organik adalah kabar baik bagi pertanian dan lingkungan.

Praktik, alat, dan penelitian yang dibawa petani organik ke sektor yang lebih luas penting dalam berbagi pengetahuan dan mendukung petani secara lebih umum dalam pendekatan pertanian ramah lingkungan dan iklim.(T/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.