Pertempuran Sengit di Mosul Barat Terjadi dari Rumah ke Rumah

Ilustrasi: pertempuran di melawan kelompok Islamic State (). (Gambar: dok. Al Alam)

 

Mosul, 7 Jumadil Akhir 1438/6 Maret 2017 (MINA) – Pertempuran dari rumah ke rumah terjadi sengit di Mosul Barat ketika pasukan Irak melancarkan serangan baru terhadap empat distrik yang dikuasai kelompok Islamic State (ISIS) pada hari Ahad (5/3).

Pasukan Irak sedang menuju kompleks pemerintah kota yang jauhnya setengah kilometer. Mereka menghadapi perlawanan keras dari ISIS.

Asap hitam terlihat mengepul di atas barat kota saat unit polisi menyapu tepi barat Sungai Tigris.

“Polisi Federal dan pasukan Divisi Tanggap Cepat menyerang lingkungan Al-Dindan dan Al-Dawasa,” kata Komando Operasi Gabugan (JOC) Irak, demikian The New Arab memberitakannya yang dikutip MINA.

Sementara pasukan Layanan Anti-Terorisme menyerang distrik Al-Sumood dan Tal Al-Ruman.

Layanan Anti-Terorisme dan Divisi Tanggap Cepat adalah dua unit pasukan khusus yang telah mempelopori operasi di wilayah Mosul, sementara polisi federal adalah unit polisi paramiliter.

Tentara melancarkan serangan untuk merebut kembali barat Mosul sejak 19 Februari, tapi cuaca buruk telah memperlambat kemajuan pasukan Irak dalam beberapa hari terakhir.

Ribuan warga Mosul Barat telah menyelamatkan diri dari pertempuran pada Sabtu malam.

Sudah 45.000 warga Mosul Barat yang telah mempertaruhkan nyawa mereka untuk meninggalkan rumahnya sejak operasi dimulai.

Sekitar 750.000 masih diyakini terperangkap di Mosul Barat, salah satu daerah yang paling padat di bawah kontrol ISIS. (T/RI-1/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.