Pertemuan ASEAN-India Dorong Kerja Sama Sains dan Teknologi

Pertemuan Para Menlu negara-negara ASEAN dan Menlu India Dr Subrahmanyam Jaishankar pada Kamis (1/8) di Bangkok, Thailand (foto:dok/Kemlu RI)

Bangkok, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi menghadiri Pertemuan Para Menlu negara-negara ASEAN dan Menlu India Dr Subrahmanyam Jaishankar pada Kamis (1/8) di Bangkok, Thailand.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno menekankan dua hal, pertama, ia menyampaikan apresiasi terhadap dukungan India terhadap ASEAN Outlook on Indo-Pacific.

“Indonesia mengharapkan agar kerja sama dalam konteks Indo-Pacific dapat ditingkatkan, antara lain di dua bidang, yaitu di bidang sains dan teknologi dan maritim,” kata Menlu Retno seusai pertemuan.

Kedua, Menlu Retno menyampaikan harapan besar agar negosiasi Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) dapat diselesaikan pada tahun ini.

“Indonesia menyadari masih banyaknya tantangan dalam perundingan, namun dengan komitmen tinggi diharapkan negosiasi dapat diselesaikan,” ujarnya.

“Kemitraan ekonomi ini tidak hanya akan meningkatkan perdagangan dan investasi di antara kawasan ASEAN dan India, tapi juga merupakan contoh nyata bahwa suatu ekonomi yang lebih terintegrasi dan kemitraan ekonomi multilateral yang lebih adil akan membawa manfaat bagi semua.” Demikian disampaikan Menlu Retno. (T/Sj/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)