PERTUMBUHAN PRODUK MAKANAN HALAL DUNIA CAPAI 24 RIBU TRILIUN RUPIAH

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan dan kepala OKI Iyad Madani saat upacara pembukaan pertemuan ICCI di Istanbul. (Foto: Arabnews)
Perdana Menteri Recep Tayyip dan kepala OKI Iyad Madani saat upacara pembukaan pertemuan di . (Foto: Arabnews)

Istanbul, 11 Shafar 1435 H/4 Desember 2014 M (MINA)– Pertumbuhan pangan halal secara global mencapai dua triliun Dolar AS atau sekitar 24,6 ribu triliun rupiah dengan pertumbuhan di negara-negara Muslim sebesar 700 miliar Dolar AS atau sekitar 8,6 ribu triliun rupiah pada tahun mendatang.

Hal itu disampaikan dalam pertemuan Komite Kamar Dagang dan Industri negara-negara Islam (ICCI) yang diadakan di Istanbul, Turki, Kamis.

ICCI mengadopsi anggaran untuk tahun 2015 selama pertemuan ke-20 baru-baru ini di Istanbul yang dihadiri oleh Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan dan Sekretaris Jenderal Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Iyad Amin Madani, demikian dilaporkan Arabnews yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Pertemuan puncak tersebut yang juga menampilkan Expo Perdagangan dan Bisnis Palestina, melihat resolusi dan menjelajahi cara-cara meningkatkan keanggotaan dan sumber daya keuangan melalui mekanisme yang tepat.

Komite keuangan ICCI juga menggelar pertemuan ke-53 di mana mereka menyepakati anggaran yang diusulkan untuk proyek 2015. Pertemuan tersebut membahas laporan komite untuk promosi pertemuan organik dan pengembangan sumber daya kamar dagang, yang diselenggarakan di Jeddah Juni lalu, selain laporan singkat tentang berbagai kegiatan kamar dagang yang telah dilakukan dan rancangan agenda mendatang.

Pertemuan Komite Keuangan, yang diselenggarakan di bawah pimpinan Omar Bahlaiwa, Sekretaris Jenderal Komisi Perdagangan Internasional berfokus pada sejumlah isu yang berkaitan dengan revitalisasi pembangunan organik dari sumber daya keuangan ICCI.

Pertemuan Dewan ICCI yang diadakan di bawah pimpinan Saleh Kamel membahas, antara isu-isu lain, pangan halal dan maknanya bagi umat Islam seperti yang diakui oleh ICCI. Pertemuan itu termasuk membahas penerbitan sertifikat untuk produk dengan biaya tertentu karena volume perdagangan di seluruh dunia.

Komisi menyimpulkan dengan sejumlah resolusi, termasuk kebutuhan untuk mempercepat pelaksanaan rekomendasi yang disepakati, seperti mengatur forum sektor swasta dan investor di salah satu negara anggota setiap tahun untuk mewujudkan pendapatan keuangan yang tepat dalam mendukung ICCI.

Forum tahunan juga akan mengatur pameran di sela-sela setiap forum, dan bekerja untuk menciptakan sebuah pusat arbitrase komersial dengan perumusan aturan sepanjang garis aturan arbitrase Kamar Dagang Internasional berbasis di Paris dengan persiapan data dan hal arbiter masing-masing anggota kamar dagang.

Istanbul juga merekomendasi termasuk kemungkinan mengadopsi merek dagang dari produk ICCI itu sendiri, sertifikat halal, pameran dagang dan proyek yang diusulkan lainnya untuk mencapai nilai tambah dan sebagai sarana untuk meningkatkan sumber daya ICCI.

Dewan setuju untuk mengadakan sesi berikutnya dari kedua perakitan dan dewan direksi dari Kamar Islam di pada 25-27 April 2015 mendatang. (T/P010)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Chamid Riyadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0