Perusahaan Israel Selundupkan Emas di Perbatasan Kordofan-Sudan dan Juba

Khartoum,7 Rajab 1437/14 April 2016 (MINA) – Media Online , Rabu (13/4) malam Waktu Sudan melaporkan sebuah Perusahaan melakukan penyelundupan di perbatasan antara Kordofan-Sudan dan Juba yang merupakan ibukota dari .

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Pemerintah Kordofan Selatan bahwa ada sebuah penyelundupan dari hasil tambang emas melalui Sudan Selatan dari sebuah perusahaan yang berbasis di  wilayah utara jajahan Israel.

Sebagaimana Koresponden Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Sudan, saat  ini perusahaan yang ada di luar Israel tersebut yang sudah mengekplorasi emas khususnya di perbatasan Kordofan Selatan dan Juba sudah dikendalikan sebuah perusahaan oleh mereka.

Pernyataan sama juga dikatakan oleh salah satu warga Distrik Umu Daurin, selatan Kordofan, Hasan Abdullah Dodo bahwa perusahaan-Perusahaan Israel melakukan penambangan emas dan logam, serta penambangan uranium.

Hasil tambang tersebut ditampung di Sudan Selatan sebelum di bawa ke Israel. Hal ini menjadi tujuan strategis dan ekonomis bagi Israel untuk selalu membuat kekacauan dengan pembrontak yang ada di wilayah tersebut dengan menggali beberapa penambangan.

Selain itu juga diketahui wilayah tersebut mempunyai hasil selain pertambangan juga hasil pertanian yang melimpah,  juga masih menjadi wilayah perselisihan/pemberontakan yang tidak kunjung selesai.

Sebagai Informasi tambahan Koresponden MINA di Sudan, setelah Sudan Selatan melakukan referendum dengan Sudan pada pertengahan tahun 2011, pihak Israel menjadi paling pertama menjalin kerjasama diplomatik dengan Sudan Selatan dengan langsung mendirikan Kedutaan Israel di Juba, Ibukota Sudan Selatan.(L/K06/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.