Perusahaan Minyak BP Hentikan Ekspor ke Israel Melalui Laut Merah di Tengah Serangan Haothi Yaman

London, MINA – bermarkas di London mengumumkan pada Senin (18/12) bahwa mereka menghentikan ekspor sementara ke yang pengirimannya transit melalui di tengah serangan kelompok Houthi, Yaman.

“Mengingat memburuknya situasi keamanan pelayaran di Laut Merah, BP memutuskan untuk menghentikan sementara semua transit melalui Laut Merah,” kata perusahaan BP dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Anadolu Agency.

BP mengatakan bahwa mereka akan terus meninjau jeda pencegahan ini, tergantung pada keadaan yang berkembang di wilayah tersebut.

Laut Merah adalah jalur laut yang paling sering digunakan perusahaan negara-negara untuk pengiriman minyak dan bahan bakar.

Perusahaan pelayaran besar mulai berhenti menggunakan rute Laut Merah setelah intensifnya serangan kelompok Houthi Yaman yang didukung Iran, sebagai bentuk dukungan terhadap selama agresi brutal Israel yang didukung AS dan Inggris di Jalur Gaza, Palestina yang menyebabkan terbunuhnya 18.800 warga sipil termasuk anak-anak dan wanita.

Pada bulan November, Yahya Seri, juru bicara militer Houthi, mengumumkan di X bahwa kelompok tersebut akan menargetkan kapal berbendera Israel di Laut Merah sebagai tanggapan atas serangan bombardir Pendudukan Israel di Jalur Gaza yang diblokade.(T/R5/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.