Pesawat Tempur Tak Dikenal Bunuh 22 Sipil di Deir Az-Zour Suriah

Kehancuran di kota Aleppo. (Foto: Getty)

 

Deir Az-Zour, 29 Rabi’ul Awwal 1438/29 Desember 2016 (MINA) – Serangan udara yang dilakukan oleh pesawat tak dikenal telah menewaskan sedikitnya 22 warga sipil, termasuk 10 anak-anak, di desa Hojna, provinsi Deir Az-Zour yang dikuasai oleh kelompok Islamic State (ISIS).

Organisasi pemantau Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) pada Rabu (28/12) melaporkan bahwa warga sipil itu adalah dua keluarga di desa yang berbatasan dengan Irak dan provinsi Homs, Suriah.

Jalal Al-Hamd, Ketua SOHR yang berada di Deir Az-Zour mengatakan kepada The New Arab yang dikutip MINA bahwa pesawat tempur itu diduga milik Pemerintah Suriah yang targetkan desa Hojna.

Kantor berita Amaq milik ISIS juga melaporkan bahwa lebih dari 20 warga sipil telah tewas dalam serangan udara itu.

Provinsi Deir Az-Zour yang kaya minyak hampir sepenuhnya di bawah kontrol ISIS. Wilayah ini telah ditargetkan secara rutin oleh koalisi militer pimpinan AS.

Satu-satunya bagian provinsi timur yang di luar kontrol ISIS adalah ibukotanya yang juga bernama Deir Az-Zour yang dikendalikan oleh pasukan yang setia kepada Presiden Suriah Bashar Al-Assad.

Di Suriah, ISIS ditargetkan oleh pesawat tempur koalisi pimpinan AS, Turki, Pemerintah Suriah dan Rusia di provinsi Aleppo, Deir Az-Zour dan Raqqa. (T/R!01/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)