PESERTA KAA SAMBUT BANDUNG JADI KOTA HAM

Konferensi Pers hari kedua pada pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT), Kamis (23/4). Foto: Nidiya:MINA
Konferensi Pers hari kedua pada pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) dalam peringatan 60 tahun (Foto: Nidiya/MINA)

Jakarta, 4 Rajab 1436/4 April 2015 (MINA) – akan ditetapkan sebagai kota Hak Asasi Manusia (HAM) pada puncak peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) dengan penandatanganan Deklarasi Bandung di Gedung Merdeka,24 April 2015. Hal itu mendapat sambutan hangat dari peserta KAA.

“Para peserta Konferensi memberikan sambutan hangat kepada Bandung yang menjadi kota HAM,” demikian disampaikan Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri RI, , pada hari kedua Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jakarta.

Yuri menambahkan, nanti akan ada satu paragraf khusus mengenai Bandung sebagai kota HAM dalam dokumen yang akan ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo, perwakilan dari negara Afrika dan perwakilan Asia Jumat besok.

Dikatakan, Bandung akan diresmikan menjadi ibukota simbolik dari Asia-Afrika, serta penetapan tanggal 24 April sebagai Hari Asia-Afrika, sebagai hari untuk perayaan Konferensi Asia-Afrika.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah telah mengusulkan penetapan Bandung sebagai kota yang menjunjung tinggi HAM.

Menurut laman Facebook Walikota Bandung, menyatakan kerangka kerja Bandung sebagai Kota HAM dibantu oleh unit kerja dari PBB. Kerangka kerja tersebut bersifat universal dan konstektual.

Ridwan Kamil juga mengajak warga Bandung untuk bersepakat dan aspirasikan aspek-aspek HAM dalam membangun peradaban.

Hasil kesepakatan kultural kontekstual warga Bandung itu akan dipiagamkan secara resmi oleh PBB nanti tanggal 10 Desember 2015 di Hari HAM sedunia.

Semntara itu, peringatakn KAA ini yang berlangsung dari 19 hingga 24 April, 2015, akan ditutup dengan peringatan ke 60 KAA di Bandung, Jawa Barat, tempat para pemimpin negara-negara Asia Afrika akan melakukan napak tilas dari Hotel Savoy Homman hingga Gedung Merdeka tempat KAA pertama kali diselenggarakan.(L/P008/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0