Peserta Luring Munas X MUI Jalani Tes Swab

Jakarta, MINA – Sekitar 80 peserta dan panitia Musyarawah Nasional (MUNAS) X 2020 offline (luring) melakukan tes swab PCR Senin (23/11) pagi ini di Gedung MUI Pusat, Menteng, Jakarta.

Munas akan berlangsung Rabu-Jumat (25-27/11) yang dipusatkan di Hotel Sutan, Jakarta,

“Tes yang dimulai sejak pukul 07.00 pagi dan selesai pukul 09.30 diikuti jajaran pimpinan harian MUI Pusat dan panitia Munas,” kata Sekretaris Jenderal MUI Anwar Abbas.

Ia mengatakan, tes hanya dilakukan dalam waktu singkat untuk menjaga kondisi sampel yang diambil. Hasil swab PCR akan keluar nanti malam pukul 22.00. Petugas test berasal dari tim Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Tes Swab PCR ini dilaksanakan sebagai bagian dari penerapan protokol  kesehatan, Munas MUI tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, protokol ini sesuai dengan masukan beberapa pihak berkompeten seperti dokter, ahli mikrobiologi dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diundang MUI untuk memberi masukan

Anwar juga berharap, swab PCR ini bisa menjadi percontohan untuk Ormas Islam yang ingin melaksanakan acara penting di masa Covid-19.

Ketua Panitia Munas X MUI 2020, Basri Bermanda, menyampaikan, tes swab ini juga tidak lepas dari kehadiran Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Protokol  Wapres mengharuskan adanya tes swab PCR.

Wapres Ma’ruf akan hadir di Munas MUI karena sebagai Ketua Umum MUI. Beliau akan menyampaikan laporan pertanggung jawaban dan menjadi tim formatur.

“Beliau hadir offline maka harus di swab. Ketua Umum MUI masih kyai Ma’ruf Amin, dan juga wakil presiden, jadi protokolnya harus di swab, saya ketemu beliau pun harus di swab, ini protokol kesehatan,” ujarnya.

“Jika ada yang positif, akan diisolasi, dan tidak bisa mengikut Munas,” katanya.

Peserta Munas MUI 2020 dari berbagai daerah juga melaksanakan Swab di masing-masing daerah.

Sebanyak lima orang dari MUI Provinsi akan melakukan swab. Ini bertujuan agar ada pengganti jika dikhawatirkan positif dari MUI Provinsi.

Sebelum memasuki tempat Munas, peserta akan menjalani tes terakhir yaitu swab antigen. Munas ke X MUI dilaksanakan secara daring, akan hadir sekitar 130 peserta termasuk panitia. (L/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)