Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Petinggi Uni Eropa Serukan Sanksi Dua Menteri Ekstrem Israel

Rudi Hendrik Editor : Widi Kusnadi - Selasa, 27 Agustus 2024 - 16:55 WIB

Selasa, 27 Agustus 2024 - 16:55 WIB

9 Views

Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan, Josep Borrell. (Foto: European Commission)

Brussels, MINA – Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan, Josep Borrell, menyerukan sanksi terhadap dua menteri garis keras Israel.

Borrell berencana mengajukan kasus sanksi terhadap dua menteri pemerintah sayap kanan Israel, Itamar Ben-Gvir dan Bezalel Smotrich, pada pertemuan 27 menteri luar negeri Uni Eropa pada Kamis (29/8) mendatang.

Menurut Borrell, Ben-Gvir dan Smotrich kerap mengeluarkan pernyataan dan memiliki perilaku yang menghasut, sehingga menuai kecaman internasional. Meski demikian, tidak ada proposal resmi yang akan diajukan oleh Borrell.

Sementara pejabat Uni Eropa memperkirakan Hongaria dan Republik Ceko –dua sekutu terdekat Perdana Menteri Benjamin Netanyahu– akan memveto rencana tersebut.

Baca Juga: Jurnalis Jerman Serukan Perlindungan bagi Pekerja Media di Gaza

Sementara sumber-sumber Uni Eropa menganggap proposal tersebut layak untuk dikejar, demi kepentingannya sendiri dan sebagian sebagai upaya untuk memperbaiki kredibilitas internasional blok tersebut yang terpuruk dalam perang Israel-Gaza.

“Tujuannya adalah untuk benar-benar mengungkapnya [perilaku menteri Israel] dan untuk menunjukkan bahwa Uni Eropa berusaha menjaga kredibilitasnya dan bahwa kami tidak memiliki standar ganda,” kata seorang sumber pejabat Uni Eropa, seperti dikutip The Guardian, Senin (26/8). []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Bangsawan Saudi Desak AS dan Inggris Setop Dukung Israel

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Palestina
Eropa
Internasional
Palestina