Petugas Haji Indonesia 2017 Mulai Diberangkatkan

Upacara pelepasan petugas Daker Bandara dan Daker Madinah di Asrama Haji Pondok Gede, Selasa (25/7). Foto: Kemenag

Jakarta, MINA – Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji () Arab Saudi tahun 2017 telah mulai diberangkatkan pada Senin 25 Juli 2016. Pemberangkatan tersebut dilepas oleh Sekjen Kementerian Agama Nur Syam pada Selasa (25/7) di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Sebanyak 299 petugas yang berangkat hari ini terdiri dari 192 petugas Kementerian Agama dan 107 petugas Kementerian Kesehatan, terdiri dari 60 petugas Daker Bandara dan dan 136 petugas Daker Madinah. mereka bertolak ke Arab Saudi pukul 11.50 WIB.

Nur Syam berharap para petugas dapat bekerja maksimal sehingga mutu pelayanan kepada jemaah haji tetap terjaga. “Survei pelayanan haji sudah sangat baik, berada pada skor 83,83 pada 2016. Artinya, kurang 1,17 untuk sampai pada area baru bahwa pelayanan sangat memuaskan,” ujarnya di Jakarta, Selasa (25/7).

Ia berharap kepada para petugas untuk menjaga diri, menurutnya ciri kepribadian Indonesia adalah memiliki religiusitas, sopanan dan santun. Nur Syam juga meminta kepada para petugas untuk ikhlas melayani jamaah haji.

“Jaga kepribadian. Saudara adalah orang Indonesia yang berkepribadian Indonesia. Jangan karena di tanah suci lalu merasa lebih Arab dari orang Arab. Tunjukan pada dunia bahwa saya orang Indonesia, bangga sebagai orang Indonesia,” katanya.

Menurut rilis pers yang disiarkan Kementerian Agama, untuk pemberangkatan Jamaah Haji gelombang pertama sendiri akan dilakukan pada 28 Juli hingga 11 Agustus 2017. Kloter awal jemaah haji Indonesia gelombang pertama ini akan diberangkatkan dari 7 embarkasi haji, yaitu: Jakarta – Pondok Gede (JKG), Jakarta – Bekasi (JKS), Surabaya (SUB), Solo (SOC), Medan (KNO), Padang (PDG), dan Makassar (UPG).

Ada 13 embarkasi jamaah haji Indonesia. Embarkasi Balikpapan (BPN) akan mulai memberangkatkan jamaah pada 29 Juli 2017, Embarkasi Banjarmasin (BDJ) dan Batam (BTH) pada 30 Juli, dan embarkasi Palembang (PLM) pada 4 Agustus 2017.

Embarkasi Lombok (LOP) dan Aceh (BTJ) akan memberangkatkan jamaah haji Indonesia gelombang kedua dari 12 – 26 Agustus 2017. Kloter pertama embarkasi Lombok berangkat 12 Agustus 2017. Sedang kloter pertama embarkasi Aceh berangkat 16 Agustus 2017. (L/R08/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: habibi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.