Piala AFC Akan Digelar April 2021

Jakarta, MINA – 2021, Kompetisi sepak bola level Asia kasta kedua itu rencananya akan dimulai lagi pada April tahun depan.

Kompetisi tersebut kemungkinan besar akan berubah format, di mana tidak ada lagi pertandingan kandang ataupun tandang di babak penyisihan grup.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) AFC, Datuk Windsor Paul John mengatakan, sejauh ini pihaknya belum mengumumkan klub mana yang akan bertindak sebagai tuan rumah. Format baru tersebut dipakai karena melihat kondisi pandemi Covid-19 sekarang ini.

“Ya mengenai format baru, tetapi kami akan membuat pengumuman secara resmi terkait hal itu dalam waktu dekat ini,” kata Datuk seperti dikutip dari Berita Harian Malaysia, Selasa (1/12).

“Venue untuk Piala AFC 2021 juga akan diputuskan nanti,” tambahnya.

AFC berencana menunjuk salah satu kota untuk dijadikan tuan rumah. Setiap klub pun hanya melakukan tiga pertandingan dalam waktu tujuh hari.

Datuk mengatakan, format baru itu sudah dibicarakan ke semua federasi sepak bola Asia.

“Sejauh ini kami hanya baru bicara tentang Piala AFC, untuk Liga Champions Asia belum kami putuskan bagaimana ke depannya,” kata Datuk Windsor Paul John.

Pada musim-musim sebelumnya, format Piala AFC digelar dengan sistem grup dan menggelar laga kandang serta tandang. Klub pun juga melakukan enam kali pertandingan di babak penyisihan grup.

AFC memutuskan untuk mengakhiri perjalanan Piala AFC 2020 karena pandemi Covid-19. Wakil Indonesia saat itu ada Bali United dan PSM Makassar.

Untuk tahun depan, Piala AFC 2021 akan dimulai dari awal lagi tanpa melanjutkan musim lalu. Bali United berpeluang menjadi wakil Indonesia karena berstatus juara bertahan dan mempunyai klub lisensi AFC.

Persija Jakarta, Persib Bandung, Bhayangkara FC, Persipura Jayapura, Borneo FC, dan Arema FC menjadi klub yang berpeluang menemani Bali United di Piala AFC 2021. Pasalnya hanya tujuh klub itu yang memiliki lisensi klub AFC 2020.

PSSI sejauh ini belum mengumumkan siapa wakil Indonesia di Piala AFC tahun depan. (R/R11/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)