Piala AFC Wanita U-17 Tahun 2022 di Indonesia Ditunda

Jakarta, MINA – Federasi Sepak Bola Asia () secara resmi telah menunda penyelenggaraan  Piala Asia  Asia Wanita U-17  tahun 2022 di Indonesia karena pandemi COVID-19, dan menundanya sampai tahun 2024, tetap di Indonesia.

Pada pernyataan resmi di laman AFC, diumumkan pula Piala Asia Wanita U-20 tahun 2022 di Uzbekistan juga ditunda. Demikian keterangan yang dikutip MINA, Selasa (6/7).

Komite Eksekutif (Exco) AFC menjelaskan keputusan ini diambil karena AFC  lebih memprioritaskan kesehatan dan keselamatan semua pihak, mengingat angka COVID-19 di Indonesia dan Uzbekistan cukup mengkhawatirkan.

Pembatalan dua kompetisi besar itu atas rekomendasi langsung dari Komite Wanita AFC dan  pada Senin (5/7) AFC menyetujuinya.

Sebagai gantinya, AFC tetap akan menggelar kedua gelaran tersebut di negara yang sama. Namun bukan di tahun 2022, tetapi berpindah ke tahun 2024.

Sedangkan untuk Piala Asia Wanita 2022 yang akan dihelat di India, Exco AFC memberikan fleksibilitas untuk jadwal yang ada.

Artinya, agendanya menyelesaikan tanggal kualifikasi yang saat ini dijadwalkan pada 13 hingga 25 September 2021.

Sebagai tambahan, dalam persiapan untuk Piala Asia Wanita India 2022, Komite AFC juga memutuskan untuk memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam menentukan tanggal kualifikasi.

Namun untuk tuan rumah kualifikasi belum ditentukan karena harus melihat dulu negara mana yang dapat menghelat pertandingan, peraturan perjalanan, karantina dan tindakan medisnya dari setiap negara. (R/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)