Pimpinan Junta Militer Myanmar Tiba di Indonesia Hadiri Pertemuan Pemimpin ASEAN

Foto: tangkap layar biro setpres

Jakarta, MINA – Pimpinan Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing Tiba di Indonesia pada Sabtu (24/4).

Panglima Militer Myanmar tersebut akan hadir pada ASEAN Leaders’ Meeting (ALM) untuk membahas krisis Myanmar yang digelar Sabtu siang di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta.

Tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pukul 11.00 WIB, Hlaing disambut oleh Duta Besar Myanmar untuk Republik Indonesia Ei Ei Khin Aye dan Kepala Protokol Negara (KPN) Andy Rachmianto.

Hlaing dan delegasi terlebih dahulu menjalani PCR swab test dan penapisan kesehatan sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan.

Sebelumnya sejumlah kepala negara ASEAN sudah tiba di Jakarta untuk menghadiri ALM, antara lain, Perdana Menteri (PM) Kamboja, PM Vietnam, dan Sultan Brunesi Darussalam selaku Ketua ASEAN saat ini.

Menurut Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi, ALM kali ini merupakan inisiatif Indonesia dan merupakan tindak lanjut dari pembicaraan Presiden RI Joko Widodo dengan Sultan Brunei Darussalam terkait penyelesaian situasi Myanmar.

Penyelenggaraan ALM diharapkan dapat mencapai kesepakatan, utamanya mengenai langkah-langkah yang baik bagi rakyat Myanmar dan membantu Myanmar keluar dari situasi saat ini. (T/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)