Plt Wali Kota Yakin UMKM Kota Bekasi Mampu Bangkit

Bekasi, MINA – Pelaksana Tugas (Plt). Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menyakini bahwa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Bekasi mampu bangkit dan bertahan setelah paska pendemi yang  menyebabkan menurunnya perekonomian dan aktivitas di berbagai sektor dan wilayah di Indonesia.

“Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi berupaya terus meningkatkan perekonomian warga.‎ tidak berhenti untuk memberikan dukungan warganya membangun ekonomi kreatif,” kata Tri Adhianto dalam Pesta Wirausaha Bekasi dengan judul ‘Reunion Recharge and Reborn’ di Aula Grand Mall Bekasi, Jalan Sultan Agung,  Medan Satria, Kota Bekasi, Sabtu (13/8).

Ia juga mengatakan, 77 tahun Indonesia merdeka, dan itu kita buktikan dengan bangkitnya UMKM di Kota Bekasi dengan hadir Komunitas Tangan Di Atas (TDA). Bersamakan dengan hari ulang tahun kemerdekan republik Indonesia.

Tri menyampaikan, sebagian besar wirausaha yang dapat bertahan menghadapi pandemi Covid-19 adalah yang memiliki daya kreativitas yang tinggi, mampu berinovasi dan mampu bertahan di setiap keadaan.

“Pandemi telah menurunkan sektor perekonomian, dan tidak sedikit perusahaan besar bangrut. Dengan membangun ekonomi kreatif, menghidupkan UMKM,” imbuhnya.

Ia berharap UMKM mampu menghidupkan kembali roda perekonomian di Kota Bekasi, orang yang bertahan di tengah pandemi adalah memiliki daya kreativitas tinggi dan mampu berinovasi di setiap keadaan.

Sementara itu Ginda P. Siregar Kepala Bidang Sinkronisasi Kebijakan Kewirausahaan Kemenkop dan UKM mengatakan, seorang wirausaha yang mempunyai ide kreatif, ia akan mampu membangun usaha dengan berkelanjutan.

“Dan mampu untuk membangun sekeliling bangkit dalam berusaha bisnis, tidak hanya memikiran anggotanya. Coba kita amati pertumbuhan ekonomi negara Singapura, dan Vietnam lebih diatas Indonesia,” kata Ginda.

Ginda mengharapkan Kota Bekasi menjadi rumah UMKM, pemuda-pemudi Indonesia minat usahanya lebih meningkat ini yang harus didukung oleh Pemkot Bekasi.

“Saat ini ide kreatif dan inovaktif adalah faktor utama seseorang berkembang dalam bisnisnya, kita justru merasa sangat sulit untuk mendapatkan ide tersebut,” katanya ironis. (L/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)