PM Hamdallah – Hamas Bahas Rekonsiliasi

Pertemuan Perdana Menteri Rami Hamdallah dengan delegasi Hamas di kantornya. (Foto: WAFA/Maan Khalifa)

 

Ramallah, MINA – Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah menerima delegasi Hamas di kantornya di Ramallah, Senin (14/8), membahas cara-cara untuk mengakhiri perpecahan dan meningkatkan persatuan Palestina.

Hamdallah mengulangi permintaan Otoritas Palestina bahwa Hamas harus menerima persyaratan untuk mewujudkan rekonsiliasi yakni mengakhiri komite administratif Hamas di Gaza, menyerahkan kontrol atas wilayah yang terblokade tersebut ke pemerintah konsensus nasional, serta mengadakan pemilihan presiden dan legislatif di Tepi Barat dan Gaza.

Hamdallah mengatakan, semua warga Palestina harus tetap bersatu melawan berbagai pelanggaran Israel terhadap orang-orang Palestina dan tempat-tempat suci mereka, demikian laporan Kantor Berita Palestina Wafa yang dikutip MINA.

Baca Juga:  Laporan Militer: 6 Tentara Israel Terluka Dalam 24 Jam Terakhir

Sejumlah upaya telah dilakukan di masa lalu untuk mendamaikan Hamas dan Fatah sejak mereka memasuki konflik kekerasan pada tahun 2007, tak lama setelah kemenangan Hamas dalam pemilihan umum yang diadakan di Jalur Gaza pada 2006 lalu.

Namun, kepemimpinan Palestina telah berulang kali gagal menindaklanjuti janji rekonsiliasi, karena kedua gerakan tersebut telah saling menyalahkan karena banyak kegagalan politik.

(T/R01/P1)

Miraj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf