PM Kanada Tunjuk Bob Rae sebagai Utusan Khusus ke Myanmar

Bob Rae ditunjuk sebagai utusan khusus untuk Myanmar. (Foto: Nathan Denette/CP)

Ottawa, MINA – Perdana Menteri Justin Trudeau menunjuk Bob Rae sebagai utusan khusus Kanada ke Myanmar, dua bulan memasuki krisis Muslim Rohingya yang telah menewaskan ribuan orang dan memaksa lebih 603.000 orang mengungsi.

Langkah tersebut muncul sebagai tanggapan atas meningkatnya tekanan publik agar pemerintah bertindak dalam menghadapi apa yang Kanada dan Perserikatan Bangsa-Bangsa telah sebut sabagai “pembersihan etnis”. Demikian CBC News memberitakan yang dikutip MINA.

Rae yang merupakan Mantan Perdana Menteri dari Ontario, diharapkan dapat meminta izin untuk mengunjungi negara bagian Rakhine, wilayah tempat warga Rohingya hidup di bawah apa yang Trudeau sebut “penindasan brutal”.

Menurut seorang sumber yang mengetahui peran baru ini, Rae dapat memainkan peran lebih tajam dan lebih politis di dalam Myanmar tanpa membahayakan hubungan diplomatik dengan pemerintah pimpinan Aung San Suu Kyi.

Pemerintah Myanmar telah menyulitkan pejabat dan wartawan asing yang ingin mengunjungi Negara Bagian Rakhine, pusat konflik terjadi. (T/RI-1/TS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.