PM Palestina: Jurnalis Adalah Prajurit Kebenaran dan Saksi Sejarah

Ramallah, MINA – Perdana Menteri Palestina Muhammad Shtayyeh mengatakan, adalah prajurit kebenaran dan saksi sejarah dan hadir di hadapan pengadilan hati nurani internasional dan pengadilan sejarah.

Shtayyeh  menyatakan hal itu pada Konferensi Umum Sindikat Jurnalis 2023, bertajuk “Martir Sherine Abu Aqleh”, yang diadakan di aula Bulan Sabit Merah di Al-Bireh, dekat Ramallah, Selasa (23/5).Seperti dilaporkan Shahifah Al-Quds.

Shtayyeh menekankan pers adalah mata kebenaran di Palestina, dan berjuang menghadapi mereka yang ingin memadamkan cahaya kebenaran.

“Pers adalah salah satu alat terpenting untuk mengaktifkan demokrasi di masyarakat mana pun, dan alat untuk mempertahankan kerangka kerja demokrasi, pengungkit perubahan dalam masyarakat, dan pembuat opini publik,” ujarnya.

Baca Juga:  Fakta Kebusukan Protokol Zionis Israel

Shtayyeh menegaskan komitmen pemerintah terhadap kebebasan pers, kebebasan berpendapat dan berpikir, dan hak pers untuk menyelidiki dan mengakses informasi.

Dewan Menteri Palestina telah membentuk sebuah komite untuk mempelajari kondisi jurnalis yang bekerja dalam profesi pencarian, melindungi mereka, dan memberikan kondisi terbaik bagi pekerjaan mereka untuk menjalankan misi mereka dengan profesionalisme dan tanggung jawab yang ditentukan oleh hukum profesi.

PM menyebutkan, Palestina hidup dalam kondisi abnormal, karenanya peran para jurnalis sangat penting dalam perjuangan mengakhiri pendudukan dan alat-alat kolonialnya.

Dia mengapresiasi peran jurnalis Sherine Abu Aqleh yang berjuang untuk Palestina, saksi perjuangan. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Ali Farkhan Tsani

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.