PM Palestina: Pemindahan Kedutaan Inggris ke Yerusalem Rusak Prospek Solusi Dua Negara

Ramallah, MINA – Rencana pemindahan kedutaan besar dari Tel Aviv ke disebut akan merusak prospek solusi dua negara Israel-Palestina yang saat ini diajukan oleh banyak negara di dunia.

Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh menyuarakan hal itu. “Pemindahan itu akan merusak solusi dua negara dan akan dianggap sebagai pengakuan diam-diam atas pencaplokan kota tersebut ke Israel,” kata Shtayyeh dalam rapat kabinet, Kantor berita Wafa, Palestina melaporkan, Selasa (4/10).

Pekan lalu, Perdana Menteri Inggris menyatakan akan memindahkan kedutaan besarnya ke Yerusalem sebagai bentuk dukungan kepada Israel.

Truss beralasan, pemindahan kedutaan itu untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas di kawasan, serta untuk mendukung solusi dua negara.

Liz Truss menyampaikan maksudnya saat bertemu Perdana Menteri Israel Yair Lapid di sela-sela sidang Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat, akhir September lalu.

Saat masih menjabat sebagai menteri luar negeri Inggris, Truss pernah berjanji akan memindahkan kedutaan besar negaranya di Israel ke Yerusalem. Hal itu bakal dilakukan jika dia terpilih menjadi perdana menteri.

Jika pemindahan itu benar-benar dilakukan, artinya Inggris akan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. (R/P2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)