PM Slovakia Ditembak, Kondisinya Kritis

Perdana Menteri Slovakia, Robert Fico. (Foto: SMERSD)

Handlova, MINA – Perdana Menteri (PM) Slovakia Robert Fico ditembak oleh orang tidak dikenal pada Rabu (15/5) sore, di Kota Handlova dan sekarang kondisinya kritis.

Ia berada dalam kondisi yang mengancam nyawanya setelah terluka dalam penembakan, menurut halaman Facebook resminya.

“Dia ditembak beberapa kali dan saat ini dalam kondisi yang mengancam nyawa,” demikian bunyi pesan yang diunggah, seperti dikutip dikutip Al Jazeera.

“Saat ini, dia sedang diangkut dengan helikopter ke Banska Bystrica, karena akan memakan waktu terlalu lama untuk sampai ke Bratislava karena perlunya intervensi yang mendesak. Beberapa jam ke depan akan diputuskan,” tambahnya.

Sebelumnya, pemberitaan di media lokal menyebutkan Fico dipukul sebanyak empat kali di bagian perut di luar Rumah Kebudayaan di kota Handlova pada sore hari.

Baca Juga:  Brigade Jenin Serang Kamp Militer Zionis

Polisi menutup tempat kejadian dan seorang tersangka telah ditahan, menurut outlet berita Dennik N dan TA3, sebuah stasiun TV Slovakia.

Penembakan ini terjadi tiga Minggu menjelang pemilihan penting Parlemen Eropa, di mana partai-partai populis dan sayap kanan di blok 27 negara tersebut tampaknya siap untuk memperoleh keuntungan.

Wakil ketua parlemen Lubos Blaha membenarkan insiden tersebut dalam sidang parlemen dan menundanya hingga pemberitahuan lebih lanjut, demikian dilaporkan kantor berita Slovakia TASR. (T/R5)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Arif Ramdan