PMI Kerahkan Dua Unit Kendaraan Taktis Hagglund Bantu Penanganan Erupsi Merapi

Jakarta, MINA – mengerahkan dua unit kendaran taktis Hagglund ke lokasi yang terdampak bencana erupsi Gunung Merapi di wilayah Provinsi DI Yogyakarta dan Jawa Tengah untuk membantu proses evakuasi dan penanggulangan bencana.

“Kendaraan taktis ini kami kerahkan untuk menuju lokasi-lokasi yang sulit dilalui kendaraan biasa, seperti daerah teriisolasi akibat dampak erupsi dan lainnya,” kata Sekretaris Jendral PMI Pusat, Sudirman Said dalam keterangan yang diterima MINA, Selasa (10/11).

Ia menjelaskan, kendaraan tersebut dikerahkan untuk memudahkan para personel PMI yang tengah bertugas di lokasi terdampak erupsi.

Kendaraan taktis ini sudah dikenal dengan ketangguhannya dalam segala medan. Selalu diturunkan saat terjadi bencana-bencana besar seperti bencana gempa, tsunami dan likuifaksi di Sulawesi Tengah serta banjir bandang di tiga kecamatan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Lanjutnya, Hagglund ini juga digunakan untuk mendistribusikan berbagai bantuan ke berbagai titik lokasi.

“Di samping itu PMI juga mengerahkan dua unit truk tangki air bersih  untuk memasok air bersih ke berbagai titik khususnya pengungsian, karena saat terjadi bencana alam persediaan air bersih sangat terbatas,” jelasnya.

Sementara itu Bagian Logistik PMI Pusat Ilham Huznul mengatakan, proses penanggulangan bencana erupsi Gunung Merapi ini PMI mengerahkan masing-masing dua unit kendaraan taktis Hagglund dan truk tangki air bersih, yang disebar ke wilayah-wilayah terdampak bencana di Provinsi DI Yogyakarta dan Jawa Tengah. (R/SR/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)