Polisi: Jamaat-e-Islami di Balik Pembakaran Desa Hindu

Desa Hindu di Rangpur, , dibakar oleh warga Muslim, Jumat, 10 November 2017. (Foto: BD News24)

Rangpur, MINA – Kepolisian Rangpur menuding aktivis Jamaat-e-Islami yang telah memimpin serangan pembakaran terhadap rumah-rumah Hindu di Desa Thakurbari, Rangpur, Bangladesh.

“Jamaat mencoba memicu kerusuhan menjelan pemilu,” kata Inspektur Polisi Rangpur Mizanur Rahman kepada wartawan di Dhaka pada Sabtu (11/11). Demikian BD New24 memberitakannya yang dikutip MINA.

Dia mengatakan, polisi mengidentifikasi empat orang yang menghasut serangan tersebut menyusul dugaan adanya penghinaan yang diunggah di Facebook.

Polisi telah menahan Asisten Sekretaris Jamaat-e-Islami Khaleya dan Imam Masjid Shaleyashah, Sirajul Islam.

Inspektur Mizanur mengatakan, Sirajul bersama dengan sejumlah orang menyampaikan ucapan provokatif sebelum serangan tersebut terjadi pada Jumat sore.

Sebanyak 53 orang telah ditahan karena serangan tersebut.

Serangan itu sebagai reaksi untuk memprotes sebuah foto yang diunggah seorang pria Hindu bernama Titu Roy di Facebook.

Sedikitnya sembilan keluarga Hindu kehilangan rumah mereka dalam serangan pembakaran, sementara salah satu pemrotes tewas oleh penembakan polisi.

Salah satu rumah yang terbakar dalam serangan tersebut adalah milik Titu Roy, orang yang diduga mengunggah pos Facebook tersebut.

Namun, Inspektur Mizanur mengatakan bahwa polisi tidak menemukan hujatan yang dia lakukan di Facebook.

Ibu Titu, Jiten Bala, mengatakan bahwa anaknya tidak pernah belajar di sekolah dan telah pergi dari daerah itu 10 tahun yang lalu untuk bekerja. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.