Polri Imbau Pemudik Balik ke Jakarta Sebelum Tanggal 6 atau Setelah 9 Mei

Jakarta, MINA – Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Inspektur Jenderal (Irjen) Dedi Prasetyo mengimbau agar para pemudik kembali ke ibu kota sebelum Jumat (6/5) atau setelah Senin (9/5).

Ia mengatakan, dua waktu alternatif tersebut, karena melihat prediksi arus balik pascaliburan lebaran 2022 yang bakal terjadi sejak Jumat (6/5), dan mengalami puncaknya pada Sabtu (7/5) hingga Senin (9/5) dini hari.

“Prediksi hari-hari arus balik tersebut mengingat pemerintah dan swasta menjadikan Senin pagi sebagai hari kerja normal pascaliburan Idulfitri kemarin,” kata Dedi dalam keterangan persnya pada Rabu (4/5).

Menurutnya, pemudik bisa mempertimbangkan waktu setelah silaturahmi dengan keluarga, bisa dimanfaatkan untuk pulang lebih awal.

“Atau malahan kalau memang ada masyarakat yang punya waktu cuti yang cukup, bisa pulang setelah tanggal 9 (Mei),” ujarnya.

Polri memprediksi volume kendaraan pada saat arus balik akan lebih tinggi dibandingkan saat .

Korlantas Polri akan kembali menerapkan dua diskresi rekayasa lalu lintas penggunaan jalan tol menuju DKI Jakarta dan sekitarnya dari arah Jawa Tengah (Jateng). “Yaitu dengan skema one way atau satu arah dan contraflow,” kata Dedi.

Dua skema rekayasa akses tol tersebut, akan diterapkan selama tiga hari sejak Jumat (6/5) sampai Ahad (8/5). (R/R6/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.