Polri Izinkan Turnamen Sepakbola Piala Menpora 2021 Segera Bergulir

Jakarta, MINA – Pertemuan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dengan Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo terkait izin turnamen sepakbola pra musim Piala Menpora 2021 akhirnya berbuah manis.

Kapolri menyerahkan surat izin tersebut langsung kepada Menpora  di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (18/2).

Turnamen pramusim Piala Menpora diadakan menjelang digulirnya Kompetisi Liga I Indonesia.

“Kita sepakat untuk berikan kesempatan, tentunya dengan catatan  taat aturan terkait dengan protokol kesehatan. Itu menjadi syarat utama. Kita akan coba memberikan izin terkait penyelenggaraan pra kompetisi,” ucap Listyo dalam konferensi pers.

Kapolri mengingatkan bahwa pemerintah telah menerapkan PSBB dan PKPM untuk mencegah terjadinya penularan virus Corona atau Covid-19. Karenanya dia meminta pemilik club, panitia, peserta dan suporter untuk patuhi protokol kesehatan saat digelarnya kompetisi.

“Tentunya dengan adanya kesepakatan tesebut kita semua harus menjaga dan berkomitmen, juga para suporter di mana pun nantinya kompetisi ini diselenggarakan penegakan aturan menjadi prioritas,” ujarnya.

Sementara itu, Menpora menyampaikan terima kasih kepada Kapolri atas izin yang telah diberikan untuk kompetisi pramusim tersebut.

Ia memastikan, pemilik klub dan suporter akan mematuhi aturan itu karena sebelumnya ia telah melakukan rapat virtual dengan memberikan arahan terkait kompetisi di tengah pandemi.

“Para penggemar menyampaikan komitmen tidak datang ke stadion, tidak mengadakan kerumunan berkeliling di stadion, tidak nonton bareng, nonton di rumah saja, nonton lewat tv atau streaming saja,” ucapnya.

Sementara terkait turnamen ini, Menpora mengatakan sangat penting dilakukan untuk persiapan menghadapi Liga yang akan digelar usai lebaran mendatang. Turnamen pramusim Piala Menpora 2021 ini akan jadi uji coba sebelum dilangsungkan Liga 1 2021 dan rencananya akan digelar mulai 20 Maret mendatang.

“Turnamen pra musin ini sekaligus menjadi ujian apakah hal- hal yang sudah disampaikan pada saat memohon izin dari pihak PSSI dan LIB itu dipatuhi tidak. Polri melihat itu kalau turnamen pra musim ini berhasil dengan baik maka tentu setelah lebaran Idul Fitri nanti akan ada kompetisi untuk 2021-2022,” jelasnya.

Sejak 2015, turnamen pra musim yang digelar biasanya bertajuk Piala Presiden. Sebelumnya, Piala Presiden digelar untuk mengisi kekosongan kompetisi, namun kemudian berlanjut sebagai turnamen pramusim. (R/R11/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)