Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

POLWAN SOMALIA-AS KELUAR DARI PENDIDIKAN KARENA LARANGAN JILBAB

Ali Farkhan Tsani - Jumat, 1 Mei 2015 - 10:21 WIB

Jumat, 1 Mei 2015 - 10:21 WIB

986 Views

<a href=

ismahan isse dispatch" width="300" height="190" /> Polwan Somalia-AS Ismahan Isse (dispatch)

Ohio, AS, 12 Rajab 1436/1 Mei, 2015 (MINA) – Ismahan Isse (29 th), Polisi Wanita (Polwan) Somalia-Amerika yang sedang mengikuti pendidikan Akademi Kepolisian di Colombus, negara bagian Ohio, Amerika Serikat memutuskan untuk berhenti dari pendidikan karena adanya larangan menggunakan jilbab selama kegiatan.

Ismahan Isse, terdaftar sebagai anggota polisi yang sesang mengikuti program pendidikan untuk mendapatkan gelar di jurusan Criminal Justice atau hukum pidana.

Ia mulai masuk program Akademi Kepolisian Colombus pada bulan Desember tahun 2014 lalu. Namun pada 16 Maret lalu dia menyatakan keluar dari pendidikan tersebut.

“Saya mengatakan kepada mereka, alasan utama saya adalah jilbab” kata ibu tiga anak itu, ungkap media The Columbus Dispatch, Kamis (30/4), yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Baca Juga: Teladan Nabi dalam Memperlakukan Istri-Istrinya

Menurutnya, ia ingin mengikuti pendidikan tersebut, tetapi jilbab baginya adalah identitasnya sebagai Muslimah.

“Saya ingin tetap seperti ini, memakai jilbab,” tambahnya.

Departemen Kepolisian di kota-kota AS sebenarnya telah membuat peraturan yang mengakomodasi pemakaian jilbab ketika merekrut calon polisi dari masyarakat yang semakin beragam.

Walikota Ohio, Michael B. Coleman telah meminta pejabat keamanan Columbus untuk memeriksa kembali kebijakan kota.

Baca Juga: Indahnya Taat Bagi Seorang Muslimah

Coleman menyebutkan, kebijakan dapat mempengaruhi rekrutman berikutnya, kata juru bicaranya, Tyneisha Harden.

“Kami berusaha untuk memeriksa hal itu dan ingin melihat bagaimana peraturan di kota lain,” ujar Harden.

Anggota Dewan Kota Zach Klein, yang memimpin komite keamanan dan peradilan umum menyatakan, kota harus memperhatikan keanekaragaman petugas yang mencerminkan masyarakat.

“Ini adalah salah satu dari banyak solusi untuk memperbaiki citra polisi dan hubungannya dengan masyarakat,” kata Klein.

Baca Juga: Tujuh Ciri Wanita Modern yang Jauh dari Syari’at

Sementara itu, Juru bicara kepolisian Colombus, Denise Alex-Bouzounis mengatakan, ada dua alasan mengapa jilbab tidak diperbolehkan dalam akademi kepolisian. Pertama, semua petugas harus berpenampilan sama dalam seragam dan kedua untuk keselamatan.

Menurutnya, seringkali peserta diwajibkan menggunakan helm dan masker gas, dan hal itu tidak akan cocok digunakan jika menggunakan jilbab.

<a href=

ismahan isse" width="270" height="180" /> Ismahan Isse, Polwan Somalia-AS (barenaked)

Menjaga Identitas

Keberanian Ismahan Isse meninggalkan pelatihan kepolisian, dipandang sebagai gelombang baru yang melanda seluruh AS saat ini.

Baca Juga: Wahai Muslimah, Inilah Keistimewaanmu dalam Islam

Somalia Current menyebutkan, wanita-wanita Muslimah AS kini terus berjuang untuk mempertahankan identitas mereka, dan hal it uterus menginspirasi lebih banyak wanita untuk tetap mempertahankan prinsip identitas mereka.

Ohio beribukota Columbus, memiliki populasi Somalia terbesar kedua di AS, sekitar 40.000 jiwa, tetapi Divisi Kepolisian belum pernah memiliki seorang perwira Somalia, kata Hassan Omar, yang memimpin Asosiasi Komunitas Somalia dari Ohio.

“Kota ini tidak mendorong orang Amerika baru kebangsaan apapun untuk menjadi bagian dari kehadiran polisi, dan itu memalukan,” katanya.  (T/roy/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Baca Juga: Kekuatan Dalam Kelembutan, Potret Muslimah Penggerak Perubahan

Rekomendasi untuk Anda