Ponpes Al-Fatah Lampung Bentuk Ikatan Alumni Al-Fatah

Lampung Selatan, 10 Rabiul awal 1438 H/ 10 Desember 2016 (MINA) – Pondok Pesantren Al-Fatah, Muhajirun, Lampung Selatan, membentuk Ikatan Alumni Alfatah (IKA) dalam acara reuni akbar yang diadakan Sabtu dan Ahad.

“Kita akan mengajukan berbagai program dan potensi sumber daya yang ada di IKA untuk direkomendasikan kepada Al-Fatah, mengtasi kekurangan yang ada,” ujar M Waliyullah selaku seksi acara reuni akbar yang diadakan di Kompleks Pondok Pesantren Alfatah Lampung saat ditemui MINA, Sabtu, (10/12).

Menurutnya,kegiatan tersebut bertujuan untuk menganalisa kekurangan yang terdapat pada Pondok Pesantren Al-Fatah.

“Menganalisa kekurangan almamater pada  acara urun rembuk adalah dengan cara mengkomunikasikan kekurangan almamater dan menawarkan solusi alternatif dan komitmen alumni”, ujarnya.

Ia mengatakan, cara ini diawali dengan pembagian divisi yang disesuaikan dengan bidangnya masing-masing dan melakukan urun rembug antar alumni untuk menggali masalah yang ada dan mencari solusi atas masalah tersebut.

“Kegiatan santai ini dimulai dengan membentuk divisi-divisi sesuai dengan temuan masalah yang diserahkan, dari masing-masing divisi tersebut kemudian dipisahkan sesuai dengan persediaan sumber daya di IKA.

Waliyullah berharap dengan cara seperti ini program yang dibentuk dapat berjalan secara terus-menerus.

“Misalkan kesehatan, tentu orang-orang pada bidang kesehatan, seseorang dengan keahlian pada bidangnya tentu akan menghasilkan orang-orang yang realistis, praktis dan program bisa dilaksanakan secara terus-menerus,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini akan berjalan dengan baik dan  jika tidak ada berkelanjutan jika ada kerjasama antara almamater dan para alumni.

“Karena hasil urun rembuk memerlukan kerjasama yang tidak hanya alumni Al-fatah, tetapi juga perlu respon dari almamater, untuk itu jika apa yang ditawarkan tersambut, tentu akan menghasilkan hasil yang konkrit,” ujar Waliyullah.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara yang diadakan dalam acara reuni akbar dengan tema “Melalui Reuni Akbar Kita Tingkatkan Peran Serta dan Kontribusi Alumni dalam Peningkatan Kualitas Almamater “.

Reuni yang diagendakan berlangsung selama dua hari, 10-11 Desember 2016 dihadiri sekitar 300 alumni dari berbagai provinsi se-Indonesia.

Ponpes Al-Fatah merupakan pondok pesantren dengan beberapa lembaga di dalamnya yakni, reguler, Lembaga Tahfidz, Halaqah Diniyyah, Lembaga Bahasa. Memiliki sekitar 23 cabang di seluruh Indonesia.(L/ism/nia/K08-P2)

 

Mir’raj Islamic News Agency (MINA)