Ponpes Shuffah Al Jama’ah Semarakkan Hari Santri Nasional 2023

, MINA – Dalam rangka memperingati Nasional yang jatuh pada 22 Oktober 2023, Pondok Pesantren Shuffah Al Jama’ah melaksanakan kegiatan upacara yang dilaksanakan serempak di Bumi Perkemahan Bukit Nangreu , Kabupaten Tasikmalaya, Ahad (22/10/2023).

Peringatan Hari Santri ini bertujuan untuk mengenang dan meneladani semangat para santri dalam merebut juga mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Dengan terselenggaranya Hari Santri Nasional ini, kami harap hal ini dapat dijadikan sebagai jihad perjuangan santri, sebagaimana para ulama kita, para kiyai kita, ustadz-ustadz kita dahulu memperjuangkan dan menggerilyakan kemerdekaan Indonesia, dan itupun bisa kita implementasikan dengan kondisi saat ini. Coontohnya dengan tadabbur pada nuansa alam, di pegunungan, di lautan, sebagai renungan dari perjuangan yang telah diperjuangkan oleh meraka,” ujar Pimpinan Pondok Pesantren Shuffah Al Jama’ah Hasan Yusuf, M. Pd.

Dalam kesempatan tersebut, Hasan juga mengajak para santri untuk mendoakan dan menyuarakan hak kemerdekaan bagi rakyat Palestina.

“Saya mengajak seluruh santri dan asatidz untuk mendoakan warga Palestina yang saat ini tengah berjuang menghadapi konflik dengan Israel. Semoga Allah memberikan kemenangan dan kemerdekaan seperti yang mereka suarakan untuk Indonesia. Kita semua harus bersyukur dengan kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para ulama kita, melihat kondisi saudara kita di Palestina yang pada saat ini berada dalam kondisi yang terdzolimi oleh Yahudi,” jelas Hasan.

Sementara itu, Kapten Inf Mukhlis Gozali sebagai perwakilan dari Danramil 1205 Rajapolah, mengajak para santri sebagai generasi penerus untuk mengenang nilai-nilai perjuangan dan pengorbanan yang telah ditanamkan oleh para ulama dalam sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Momen saat ini pada Hari Santri Nasional saya memberikan materi pengetahuan dasar Sakawira Kartika bukan sebagai pengetahuan umum saja, tetapi juga upaya untuk menumbuhkan kecintaan terhadap negara dan bangsa, juga menciptakan rasa patriotisme dikalangan anak muda,” ujarnya.

Peringatan Hari Santri Nasional 2023 yang diselenggarakan Al Jama’ah mengusung tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Kegitan ini diikuti seluruh santri dan wali santri Pondok Pesantren Shuffah Al Jama’ah juga sebagai waktu temu silaturahmi keluarga.(L/Ridwan/R3/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.