Populasi Pengungsi Palestina di Suriah Menurun

Seorang anak di Suriah memegang karton bertuliskan “jangan bunuh kami dua kali”. (Foto: Kareem Farid)

 

Damaskus, 4 Rajab 1438/1 April 2017 (MINA) – Populasi pengungsi Palestina di Suriah telah menurun seperlima sejak awal konflik Suriah pada tahun 2011.

Lembaga bantuan PBB untuk Palestina mengatakan pada hari Jumat (31/3) bahwa banyak dari warga Palestina yang tinggal di Suriah telah mengungsi.

Direktur UNRWA Pierre Krahenbuhl mengatakan, kini ada sebanyak 440.000 pengungsi Palestina di Suriah, dibandingkan 560.000 sebelum terjadinya perang.

Pengungsi Palestina terpaksa mengungsi untuk kedua kalinya setelah mereka dipaksa keluar dari tanah Palestina oleh pasukan Israel seabad terakhir.

“Mengungsi adalah pengalaman yang sangat sulit, kehilangan rumah, kehilangan tempat tinggal,” kata Krahenbuhl yang sedang melakukan tur lima hari operasi UNRWA di Suriah, demikian Nahar Net memberitakan yang dikutip MINA.

Beberapa kamp Palestina di Damaskus dan Aleppo telah hancur selama konflik yang menewaskan lebih dari 400.000 orang itu.

Perang selama enam tahun membuat Suriah menciptakan lebih dari 5 juta pengungsi, sebagian besar ke negara-negara tetangga. (T/RI-1/B05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.