PP Muhammadiyah dan PP GP Ansor Bertemu Bahas Persoalan Umat

(Foto: Suara )

Jakarta, 9 Rajab 1438/7 April 2017 (MINA) – Pimpinan Pusat Muhammadiyah menerima kunjungan dari PP Gerakan Pemuda Ansor di Gedung Dakwah Muhammadiyah, di 2, Jakarta Pusat, Kamis siang (6/4).

Kedatangan rombongan yang dipimpin Ketua umum PP  Yaqut Cholil Qoumas itu diterima oleh Haedar Nashir, Busyro Muqoddas, Suyatno, dan Dahnil Anzar Simanjuntak, demikian rilis Muhammadiyah yang diterima MINA.

Seusai pertemuan, Haedar Nashir menyatakan beberapa poin hasil pertemuan santai yang berlangsung selama satu jam itu.

“Kami menerima silaturahim anak-anak muda Ansor. Kami senang, karena itu merupakan tradisi yang baik. Dulu juga menjadi kebiasaan baik tokoh Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama.”

Menurut Haedar, tradisi baik seperti ini harus terus dikembangkan dan diteruskan oleh generasi muda bangsa. “Tradisi silaturahim ini merupakan satu hal yang perlu terus dikembangkan oleh anak-anak muda, baik dengan sesama anak muda maupun dengan orang tua,” ujar Haedar.

Selain itu, Haedar menyatakan, kedatangan GP Ansor juga untuk meminta masukan dan petuah dari Muhammadiyah. “Mereka ingin juga memperoleh pandangan-pandangan dari Muhammadiyah tentang keumatan dan kebangsaan.”

“GP Ansor dan kekuatan muda yang lahir dari rahim organisasi Islam, jangan lupa bahwa keberadaannya itu merupakan bagian integral dari umat Islam, yang harus selalu punya ghirah, komitmen, pemikiran dan pola tindak yang berbasis pada Islam dan kepentingan umat Islam,” ujar Haedar sambil berpesan bahwa hal yang paling berharga dalam kondisi kebangsaan seperti sekarang ini adalah adanya kesamaan persepsi dan persatuan.

“Terus menyatukan langkah dan tidak boleh terpecah oleh hal-hal yang bersifat politik atau apapun yang membuat kekuatan Islam justru melemah,” katanya. “Dalam kontek kebangsaan, umat Islam harus bisa mengelola perbedaan menjadi suatu kekuatan.”

“Dalam berbangsa dan bernegara, di samping kita ini menjadi keluarga besar bangsa, tentu akan ada dinamika yang kadang berbeda, ada gesekan dan lainnya,” ujar Haedar.

Haedar menegaskan bahwa yang terpenting adalah bagaimana umat Islam termasuk GP Ansor harus tetap menjadi kekuatan perekat dalam kehidupan kebangsaan kita, dan jangan terbawa arus oleh kepentingan-kepentingan pragmatis yang membuat umat Islam mengalami kelemahan dan bangsa ini menjadi lemah.

Haedar juga berharap kepada GP Ansor untuk terus meningkatkan kerjasama dengan Pemuda Muhammadiyah dan kekuatan lainnya. “Carilah bentuk-bentuk kegiatan yang bisa menunjukkan bahwa sesama komponen muda muslim itu selain bersatu tetapi juga berarti untuk kehidupan bangsa.”

Menurut Ketua PP GP Ansor, pertemuan itu merupakan bagian dari silaturahim kebangsaan yang digagas oleh GP Ansor menyambut harlah ke-83 dan sebagaui upaya  menjaring berbagai masukan serta menyatukan pandangan dalam membangun bangsa.

“Kami bersilaturahim dan meminta nasehat kepada senior yang ada di sini terkait dengan kondisi berbangsa dan bernegara, terkait dengan pemahaman dan penyikapan kita terhadap keislaman. Kami harap ini menjadi bibit atau tunas kita menyatukan persepsi,” tuturnya. (T/R06/RS1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)