Prancis Kirim Vaksin AstraZeneca untuk Indonesia

Jakarta, MINA –  Sebanyak 358.700 dosis tiba di Indonesia pada Jumat (10/9), melalui mekanisme COVAX. Ini merupakan pengiriman pertama dari 3 juta dosis yang disumbangkan kepada Indonesia sebagai wujud solidaritas dalam memerangi COVID-19.

Pengiriman ini dimaksudkan untuk mendukung Indonesia dalam program vaksinasi nasional dan nantinya akan diikuti oleh pengiriman berikutnya, demikian keterangan tertulis yang diterima MINA.

Setahun yang lalu, fasilitas COVAX didirikan dengan dukungan Prancis, untuk menjamin akses yang adil terhadap vaksin melawan COVID-19 sebagai barang publik global. Hingga saat ini, berkat fasilitas COVAX, 137 negara di seluruh dunia telah menerima lebih dari 156 juta dosis vaksin.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron mengingatkan solidaritas internasional negara-negara maju harus mengambil bagian secara efektif dalam upaya-upaya mengatasi pandemi.

Pada bulan Februari, Macron meminta mitranya dari G7, G20 dan Uni Eropa untuk berbagi, seperti halnya Prancis, sebagian dosis vaksin yang diterima dengan 92 negara yang menjadi bagian dari COVAX AMC.

Untuk mempercepat kampanye vaksinasi dalam kerangka mekanisme COVAX, sumbangan dosis vaksin sangat penting dan telah terbukti menjadi satu-satunya respons jangka pendek yang efektif mendukung pengiriman vaksin ke seluruh dunia.

Prancis menjadi salah satu negara pertama yang menegaskan kesediaannya menyumbangkan dosis vaksin yang aman, efektif dan disetujui oleh WHO, disamping kontribusi keuangannya.

Sumbangan Prancis untuk program COVAX ini merupakan bagian dari upaya global Tim Eropa yang mendukung mekanisme tersebut (paling tidak, 100 juta dosis vaksin Eropa akan dibagikan tahun ini) dengan tujuan memastikan solidaritas vaksin yang nyata. Prancis berdiri bersama mitra dalam melanjutkan perjuangannya memerangi Covid-19. (R/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.