Presiden Himbau Pemda Koordinasi dengan Pusat Soal Covid-19

Bogor, MINA – Presiden Joko Widodo menghimbau Pemerintah-Pemerintah Daerah untuk berkoordinasi terlebih dengan Pemerintah Pusat terkait kebijakan penanganan atau Covid-19.

“Untuk mempermudah komunikasi, saya minta kepada daerah untuk berkonsultasi dan membahasnya dengan kementerian terkait dan Satgas Covid-19,” kata Jokowi dalam konferensi persnya di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3).

Menurutnya, hal tersebut bertujuan untuk menghambat penyebaran Covid-19 , dan tidak memperburuk dampak ekonomi yang bisa mempersulit kehidupan masyarakat.

“Oleh karena itu, semua kebijakan, baik kebijakan pemerintah pusat, maupun kebijakan pemerintah daerah, akan dan harus ditelaah secara mendalam, agar efektif menyelesaikan masalah, dan tidak semakin memperburuk keadaan,” ujarnya.

Presiden juga menghimbau agar transportasi publik yang memadai tetap disediakan dengan catatan mengurangi tingkat kerumunan, antrian dan tingkat kepadatan orang.

Kebijakan belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan beribadah di rumah perlu terus digencarkan untuk mengurangi tingkat penyebaran Covid-19 dengan tetap mempertahankan pelayanan kepada masyarakat baik.

“Terakhir, saya mengajak untuk cuci tangan yang bersih, tetap belajar, tetap bekerja, dan tetap beribadah. Solidaritas masyarakat adalah modal sosial kita yang penting untuk menggerakkan kita bersama-sama melawan Covid 19 ini,” tegasnya. (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)