Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Presiden Joko Widodo Resmi Buka Jakarta Fair 2024

Rana Setiawan - Kamis, 13 Juni 2024 - 15:03 WIB

Kamis, 13 Juni 2024 - 15:03 WIB

4 Views

Jakarta, MINA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Jakarta Fair 2024 di Pekan Raya Jakarta, Kemayoran, Jakarta, pada Rabu (12/6) malam.

Jakarta Fair ini adalah sebuah event yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Jakarta, oleh warga Jakarta dan juga warga Jabodetabek, serta Indonesia,” ujar Presiden Jokowi.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan, Jakarta Fair adalah ajang yang sangat ditunggu masyarakat karena menawarkan berbagai hiburan dan belanja dengan harga terjangkau.

Selain itu, Jakarta Fair juga menyajikan beragam kemeriahan mulai dari kuliner, wahana permainan, parade karnaval, hingga konser musik.

Baca Juga: Hari Anak Nasional 2024, SAI Jadi Fokus Utama

Acara tahunan ini, yang telah menjadi salah satu ikon kota Jakarta, kembali diselenggarakan untuk yang ke-55 kali dan menarik minat warga dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Heru Budi Hartono mengatakan, Jakarta Fair Kemayoran memiliki sejarah panjang yang mengakar dalam budaya Jakarta.

Berawal dari pameran kecil di kawasan Monas, Jakarta Fair kini bertransformasi menjadi ajang pameran modern di Kemayoran, serta panggung berbagai produk unggulan Indonesia.

“Pada 2023, Jakarta Fair Kemayoran telah diikuti oleh 2.500 peserta pameran yang terdiri dari pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah serta pelaku usaha swasta. Dalam waktu 32 hari penyelenggaraan, telah menghasilkan transaksi ekonomi senilai Rp 7,3 triliun, dengan total pengunjung sebanyak 6 juta orang,” paparnya.

Baca Juga: Pemerintah Aceh Luncurkan Program Gerakan Tuntas Baca Al-Qur’an

Ia menjelaskan, tahun ini Jakarta Fair Kemayoran mengangkat tema ‘Jakarta Fair Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional di Indonesia dan Mampu Bersaing di Pasar Dunia’.

Sejalan dengan tema tersebut, Pj Gubernur Heru menekankan peran Jakarta sebagai katalisator ekonomi Indonesia dan mendukung transformasi menuju kota global.

“Berdasarkan laporan Global City Indeks tahun 2023 yang diterbitkan oleh Kearney, Jakarta menduduki peringkat 74 dari 156 kota di dunia. Hal ini menjadi penyemangat Pemprov DKI Jakarta untuk terus berupaya mengoptimalkan potensi kota agar sejajar dengan kota maju lainnya di dunia,” tuturnya

Jakarta Fair tahun lalu berhasil menarik lebih dari 6 juta pengunjung, sebuah angka yang impresif dan menjadi bukti pentingnya ajang ini dalam kalender kota Jakarta.

Baca Juga: Dubes Yassir Berharap Kerja Sama Sudan dengan Indonesia Semakin Erat 

Ketua Panitia Penyelenggara Jakarta Fair Kemayoran 2024, Karuna Murdaya, mengatakan, Jakarta Fair 2024 diikuti 2.550 stan dan 1.550 penyewa. Ia menargetkan penjualan pada Jakarta Fair 2024 mencapai Rp7,5 triliun.

“Target penjualan sekitar Rp7,5 triliun dan target pengunjungnya mirip sama tahun lalu, tapi lebih pendek sedikit,” ungkapnya.

Murdaya juga mencatat adanya peningkatan minat terhadap beberapa segmen seperti mobil listrik dan kosmetik.

Direktur PT Jakarta Internasional Expo itu pun optimistis penyelenggaraan Jakarta Fair 2024 akan berjalan lancar dan sukses.

Baca Juga: Puluhan Hektare Hutan Mangrove di Jateng Hilang Akibat Proyek Jalan Tol

“Biasanya ini hari pertama Jakarta Fair itu agak sepi, tapi bisa lihat di sini malam pertama itu antusiasmenya sangat tinggi. Kalau kita bisa lihat dengan school holiday yang akan datang juga moga-moga target tahun ini kita bisa capai penjualannya yang lebih tinggi daripada tahun lalu,” pungkasnya.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Baca Juga: Bertemu Dubes Sudan, Kantor Berita MINA Jajaki Kerjasama Media

Rekomendasi untuk Anda

Haji 1445 H
Dunia Islam
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia