Presiden Jokowi Bertemu PM Jepang di Tokyo

Presiden Jokowi, PM Jepang Bahas Kerja Sama Bilateral hingga Palestina (foto: BPMI Setpres)

Tokyo, MINA – Presiden RI Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Jepang di Tokyo, Sabtu (16/12). Dalam pertemuan tersebut, dibahas kerja sama kedua negara di berbagai bidang, hingga isu-isu lainnya termasuk .

Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas komitmen Jepang dalam pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta jalur timur-barat dan berharap pembangunan fase selanjutnya dapat diselesaikan sesuai rencana.

“Saya berharap pembangunan jalur utara-selatan fase 2A dan 2B dapat selesai tepat waktu,” ujar Presiden.

Sedangkan terkait transisi energi, sebagai co-initiator Asia Zero Emission Community (AZEC) menekankan pentingnya kerja sama dekarbonisasi pendanaan yang inklusif dan transfer teknologi rendah karbon.

Baca Juga:  Takluk dari Irak 2-1, Indonesia Gagal Rebut Juara 3 Piala Asia U-23 di Qatar

Selain itu, AZEC juga harus memastikan tindak lanjut 12 MoU yang ditandatangani beberapa waktu lalu saat pertemuan tingkat menteri AZEC. Mengenai hal tersebut, Presiden Jokowi memohon dukungan percepatan tiga proyek prioritas, yakni pembangkit listrik geothermal di Muara Laboh, waste to energy di Legok Nangka dan pengelolaan lahan gambut di Kalimantan Tengah.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin negara turut membahas kerja sama di bidang mineral kritis serta maritim.

Jokowi berharap Jepang dapat mendukung kemajuan hilirisasi industri mineral Indonesia dan kontribusi Indonesia sebagai bagian penting rantai pasok baterai kendaraan listrik (EV) dunia. Ia mengharapkan dukungan yang lebih besar bagi pembangunan ekonomi pulau terluar Indonesia, termasuk pengembangan industri perikanan serta hibah kapal patroli dan ikan.

Baca Juga:  Ammo Baba, Pelatih Bola Legendaris Irak

Terakhir, Presiden Jokowi dan PM Kishida juga membahas isu terkait Palestina. Jokowi menegaskan komitmen Indonesia untuk terus mengupayakan gencatan senjata permanen, merancang bantuan kemanusiaan yang berkelanjutan, dan mendorong dimulainya proses damai untuk mencapai penyelesaian dua negara secepatnya. (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.