Terima Kunjungan Menlu Selandia Baru, Menlu RI Bahas Isu Palestina

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi melakukan konferensi pers bersama Menlu Selandia Baru Winston Peters di Jakarta, Kamis (14/3/2024). (Foto: Sajadi/MINA)

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menerima kunjungan Winston Peters di Jakarta, Kamis (14/3). Dalam kesempatan itu dilangsungkan pertemuan yang membahas beberapa hal, salah satunya tentang .

“Dalam pertemuan tersebut, kami tidak hanya membahas isu-isu bilateral tetapi juga isu-isu regional dan internasional,” ujar Retno dalam konferensi pers usai pertemuan.

meyakini, Selandia Baru juga mempunyai sikap yang sama dengan Indonesia terkait isu hak asasi manusia yang terjadi di Palestina.

“Mengingat rekam jejak Selandia Baru dalam isu hak asasi manusia, saya yakin Selandia Baru juga mempunyai keprihatinan serupa terhadap krisis kemanusiaan di Palestina,” katanya.

Selain itu, Retno menyebut, Indonesia dan Selandia Baru berupaya menciptakan hubungan baik dan membinanya berdasarkan rasa hormat satu sama lain, termasuk penghormatan terhadap kedaulatan serta keutuhan wilayah masing-masing.

Israel telah melancarkan serangan militer mematikan di Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023.

Lebih dari 31.000 warga Palestina syahid sebagian besar perempuan dan anak-anak serta lebih dari 73.000 orang terluka yang mempengaruhi kehidupannya.

Serangan membabi-buta Israel juga menyebabkan 85 persen penduduk Gaza terpaksa mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB. (L/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.