Presiden Jokowi Hadiri KTT Kemitraan ASEAN-Republik Korea

Presiden Jokowi saat tiba di Bandara Gimhae, Busan, Korea, Sabtu (23/11) malam. (Foto: Humas/Deni)

Busan, MINA – Presiden Joko Widodo tiba di Busan, Korea Selatan, Sabtu (23/11) malam dalam rangka menghadiri peringatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Peringatan 30 tahun kerja sama kemitraan ASEAN-Republik Korea (ROK) dengan mengusung tema, “Partnership for Peace, Prosperity for People”.

Setibanya di Bandar Udara Gimhae Air Force Base, Busan pada pukul 20.43 waktu setempat, Presiden disambut oleh Menteri Luar Negeri ROK Lee Taeho, Duta Besar RI untuk ROK Umar Hadi, Atase Pertahanan RI untuk ROK Kolonel Imam Subekti, demikian dikutip dari Setkab.go.id, Ahad (24/11).

Seusai menempuh perjalanan dari Bandara Gimhae selama 45 menit, Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Iriana, tiba di Hotel Lotte, Busan, disambut oleh Menlu RI Retno Marsudi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Presiden Jokowi dijadwalkan akan menghadiri tiga sesi pada KTT Peringatan tersebut yang terdiri dari Sesi pertama adalah ASEAN-ROK 3 and 30, sesi kedua, Enhancing Connectivity towards Prosperity dan sesi terakhir, Lunch Retreat: Special Session on the Korean Peninsula Issues.

Kemitraan ASEAN dan Republik Korea pertama kali dibentuk pada bulan November 1989. Selama 30 tahun kemitraan tersebut berbagai capaian telah diraih antara lain melalui terbentuknya ASEAN-ROK Free Trade Area tahun 2005 yang menguatkan perdagangan dan investasi kedua belah pihak. (R/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)