Presiden Jokowi Jajal Kapal Selam Alugoro Buatan Indonesia

Presiden Jokowi saat masuk ke Kapal Selam Alugoro di PT PAL, Surabaya, Jawa Timur, Senin (27/1). (Foto: Humas/Agung)

Surabaya, MINA – Presiden Joko Widodo pada Senin (27/1) pagi melakukan kunjungan ke PT PAL Indonesia di Surabaya, Jawa Timur dan berkesempatan masuk ke dalam Kapal Selam KRI Alugoro-405 buatan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Sebelumnya, presiden mendapat penjelasan dari Direktur Utama PT PAL Budiman Saleh, kapal selam tersebut memiliki kecepatan maksimum 21 knot ketika berada di bawah air dengan kapasitas 40 orang dan mampu menjelajah hingga 50 hari.

Budiman mengatakan, KRI Alugoro-405 telah melakukan uji Sea Acceptance Test (SAT) sejak pertengahan Januari 2020 di Banyuwangi, Jawa Timur, demikian dikutip dari Setkab.go.id.

Kapal selam tersebut merupakan pesanan TNI Angkatan Laut hasil kerja sama antara PT PAL Indonesia (Persero) dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co., Ltd (DSME) Korea Selatan, dalam skema transfer teknologi.

Presiden dalam kunjungannya ke Surabaya kali juga memimpin Rapat Terbatas terkait Kebijakan Pengembangan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) di Hanggar Fasilitas Produksi Kapal Selam, PT PAL, Surabaya, Jawa Timur. (R/RE1/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)