Presiden Jokowi Laksanakan Shalat Idul Adha di Semarang

Presiden Jokowi melaksanakan shalat Idul Adha 1445 H di kawasan Simpanglima Semarang Jawa Tengah (Foto: Humas Pemprov)

Semarang, MINA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan shalat Idul Adha di kawasan Simpanglima, Kota Semarang, Senin (17/6/2024). Dalam pelaksanaan shalat Idul Adha tersebut, Jokowi bersama Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana maupun Jokowi berada di shof atau barisan depan.

Pada barisan tersebut juga nampak para pejabat lain, dianataranya Menteri PUPR, Pangdam IV/Diponegoro, Kapolda Jateng, Kajati Jateng, Kabinda, serta Sekda Jateng Sumarno.

Sementara Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, berada di barisan perempuan bersama Ibu Negara Iriana Jokowi, dan Penjabat Ketua TP PKK Jateng Shinta Nana Sudjana.

Salat Idul Adha di Simpanglima berjalan khusyuk dan tertib. Bertindak sebagai imam salat adalah pengasuh Ponpes Nurul Qur’ani Semarang, KH Zainuri Ahmad. Sementara, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari menjadi khotib.

Baca Juga:  Tren Home Dukung Dakwah Rasil dengan Fasilitas Modem Internet

Seusai shalat, Jokowi didampingi Nana Sudjana sempat menyapa masyarakat. Keduanya kemudian menyerahkan secara simbolis hewan kurban kepada panitia kurban Masjid Raya Baiturrahman Semarang.

Jokowi menyerahkan hewan kurban berupa seekor sapi jenis simental. Berat sapi tersebut sekitar 1.250 kg. Rencananya sapi kurban dari Jokowi tersebut akan disembelih pada hari Selasa (18/6/2024), di Islamic Center.

“Ada amanah kepada kami dari Presiden, sapi untuk disembelih dan dibagikan. Ini pengalaman pertama menyembelih sapi yang besar,” kata Ketua Yayasan Masjid Baiturahman, Ahmad Darodji, seusai menerima secara simbolis kurban sapi dari Jokowi.

Sementara itu, Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana tahun ini memberikan kurban dua ekor sapi jenis simental. Yaitu seekor sapi bernama Manggala dengan berat hidup 832 kg yang diserahkan kepada panitia kurban Masjid Raya Baiturrahman Semarang.

Baca Juga:  Kukuhkan Pengurus DMI, JK Dorong Program Masjid Hijau

Seekor lagi bernama Sambara dengan berat hidup 775 kg diserahkan kepada panitia Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang.

Saat ini, sapi kurban dari Pj Gubernur Jateng sudah berada di Islamic Center Semarang. Rencananya sapi itu juga akan disembelih pada Selasa (18/6/2024).

“(Semua daging kurban) akan bagikan kepada seribu lebih masyarakat. Terdiri atas yatim piatu yang akan kita bagi langsung, dan lainnya mengambil sendiri (menukar kupon di Baiturrahman),” ujar Darodji. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Widi Kusnadi