Indonesia Kirim 10 Kontainer untuk Muslim Rohingya

melihat isi kontainer yang membawa bantuan kemanusian Indonesia untuk Rohingya, di Dermaga III Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis (29/12) pagi. (Foto: Rahmat/Humas)

Jakarta, 29 Rabiul Awwal 1439/29 Desember 2016 (MINA) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Rakhine State, Myanmar, khususnya komunitas Muslim, Rohingya, Kamis (29/12) pagi.

Bantuan yang dikirimkan melalui Dermaga III Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta itu, terdiri atas sepuluh kontainer yang berisikan mie instant, makanan bayi berupa gandum dan sereal, serta sarung.

“Barang-barang ini merupakan barang yang diminta dari sana setelah Menteri Luar Negeri (Menlu) berkomunikasi beberapa kali dengan Pemerintah Myanmar,” kata Presiden Jokowi saat menyampaikan sambutannya.

Presiden menegaskan, dalam laman resmi yang dikutip MINA, bahwa diplomasi Indonesia telah melakukan tugasnya, kepedulian Indonesia sudah ditunjukkan tanpa kegaduhan, dan kepedulian itu telah dilakukan tanpa menggunakan megaphone diplomasi.

Pada beberapa pekan lalu, Presiden Jokowi mengemukakan, dirinya telah mengutus Menlu Retno Marsudi untuk bertemu dengan  Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi  untuk menyampaikan empat pesan mengenai pentingnya segera dibuka akses kemanusiaan ke Rakhine State, segera diciptakan stabilitas dan perdamaian di Rakhine State, dan menegaskan perlunya perlindungan dan penghormatan hak azasi manusia, terutamanya buat komunitas Muslim.

“Pesan yang sama saya ulangi pada saat bertemu dengan Kofi Annan di Bali, (9/12) dan Menteri Luar Negeri Indonesia juga menegaskan kembali hal tersebut pada pertemuan retreat para Menlu Asean di Yangoon, (19/12),” ungkap Presiden.

Presiden Jokowi berharap bantuan dari Indonesia ini diterima dengan baik sebagai bentuk kepedulian terhadap sesame, dan harapan dirinya agar perdamaian, stabilitas, dan harmoni segera tercipta di Rakhine State.

Tampak mendampingi Presiden Jokowi dalam acara tersebut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Direktur Utama PT Pelindo II (Persero) Elvyn G. Masyasya, dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. M. Iriawan. (T/R09/RS3)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.