Presiden Jokowi Sambut Presiden Timor Leste José Ramos-Horta di Istana Bogor

(Foto: Humas Setkab/Oji)

Jakarta, MINA – menerima kunjungan resmi Presiden Republik Demokratis Timor Leste José Ramos-Horta di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/7) pagi.

Presiden Ramos-Horta memasuki halaman Istana Kepresidenan Bogor sekitar pukul 09.50 WIB diiringi dengan pasukan berkuda, pasukan berbusana tradisional, dan marching band Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Setiba di halaman depan Istana, Presiden Timor Leste langsung disambut oleh Presiden Joko Widodo. Prosesi kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan resmi dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Timor Leste Pátria dan lagu kebangsaan Indonesia Indonesia Raya diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali, dan inspeksi jajar kehormatan.

Selanjutnya, pemimpin kedua negara memperkenalkan delegasi masing-masing negara. Dari Indonesia tampak hadir antara lain Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste Okto Dorinus Manik, dan Direktur Asia Timur Kementerian Luar Negeri Santo Darmo Sumarto.

Kepala Protokol Negara/Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Andi Rachmianto turut hadir juga dalam penyambutan.

Sementara, delegasi yang hadir dari Timor Leste ialah Minister of Foreign Affairs and Corporation, Minister of Transport and Communication, Minister of Agriculture and Fisheries, Ambassador Timor Leste to Indonesia, Chief of Civil House and Presidency, Director General for Asian Affairs, Ministry of Foreign Affairs and Corporation and Advisor for Ministry of Foreign Affairs and Corporation.

Setelah itu, kedua pemimpin menuju Ruang Teratai untuk melakukan sesi foto bersama dan penandatanganan buku tamu. Usai berbincang sejenak di veranda Istana Kepresidenan Bogor, kedua pemimpin melakukan penanaman pohon bersama di halaman belakang Istana. Adapun pohon yang ditanam adalah Pohon Gaharu.

Rangkaian acara berikutnya adalah pertemuan tête-à-tête yang dilakukan di veranda belakang Istana Kepresidenan Bogor, dilanjutkan dengan pertemuan bilateral dan pernyataan pers bersama.

Dalam kunjungan kenegaraan kali ini, direncanakan empat naskah nota kesepahaman (MoU) yang akan ditandatangani oleh kedua negara. Empat nota kesepahaman tersebut adalah di bidang pertanian, pergerakan lintas batas bus, standarisasi dan metrologi, serta kerja sama teknis di bidang perdagangan. (R/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.